Harga Terong Minyak Anjlok

0

MUARADUA (fokus-sumsel.com) – Harga komoditi buah terong, khususnya terong hijau atau minyak saat ini mengalami penurunan harga yang cukup drastis.

Jika sebelumnya harga buah terong minyak mencapai Rp 3.000 perkilogram, namun untuk harga saat ini terjadi penurunan lebih dari separuh harga normal yakni hanya berkisar Rp1.00 hingga Rp1.200 perkilogram.

Kondisi ini tentu saja cukup dikeluhkan oleh para petani terong, seperti yang disampaikan Leni, salah satu petani terong minyak di Desa Damarpura Dusun Talang Surau Kecamatan Buana Pemaca.

Menurut Leni, murahnya harga terong minyak di pasaran lebih disebabkan karena sekarang termasuk musim panen sayuran. Dimana peminat terong cenderung berkurang dibanding sayuran yang lainnya.

Jika bukan musim panen sayuran harga terong  minyak itu biasanya bisa mencapai harga lebih mahal dari sekarang.

“Mau bagaimana lagi, meski harga jual buah terong murah namun  buah terong minyak dari hasil kebunnya ditambah namun dari membusuk akhirnya kami tetap panen untuk dijual ke pengepul sayur yang ada di OKU Timur,” tuturnya.

Untuk harga terong minyak sendiri, Leni berharap akan ada kenaikan kedepannya sehingga para petani terong minyak seperti dirinya bisa mendapat hasil lebih dari usaha budidaya tanaman terong minyak yang ditanamnya tersebut.

Selain terong minyak diungkapkan Leni, untuk terong jenis ungu saat ini juga anjlok. “Harga kedua jenis terong ini sama-sama anjlok saat ini, dimana terong jenis ungu dihargai juga sekarang berkisar Rp 1.200 perkg. (den)