IPM OKU Berada Diperingkat Pertama di Sumsel

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Rabu (2/5) Berlangsung Hikmad. Kegiatan yang dipusatkan di Halaman Kantor Pemkab OKU ini dihadiri seluruh pejabat Pemkab OKU, beserta seluruh guru dan perwakilan siswa dari seluruh sekolah se OKU.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati OKU, H Kuryana Aziz yang membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Setiap peringatan Hardiknas, lanjut Kuryana kita ingat akan sosok KH Hajar Dewantara, karena beliau merupakan bapak Pendidikan Nasional.

Peran KH Hajar Dewantara sangat besar sebagai perintis pendidikan, hingga saat ini ide pemikiran dan gagasan beliau masih dangat relevan menjadi acuan kemajuan pendidikan Kita.

“Kalau di OKU masalah pendidikan sudah cukup baik dan memadai, hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan IPM kita menjadi yang pertama di Sumsel untuk tingkat kabupaten,” kata Kuryana.

Disamping itu untuk masalah kesejahteraan guru sudah cukup memadai. “Guru itu ada sertifikasi itu sudah cukup mensejahterakan mereka, maka dari itu mereka harus ikut test sertifikasi,” ujar Bupati OKU.

Sementara itu hal senada dikatakan Kepala Dinas Pendidikan OKU, Paranto yang mengatakan bahwa pendidikan di OKU sudah cukup maju bahkan kita berada di posisi tengah.

”IPM kita cukup bagus, dan ini menjadi bukti pendidikan kita maju, karena penilaian IPM salah satu indikatornya pendidikan. Kita akan terus melakukan pembenahan dan bertekad memajukan mutu dan kualitas pendidikan di OKU, salah satunya yakni dengan meningkatkan kualitas dan kemapuan para tenaga pengajar,” tegasnya. (bud)