IWO OKU Akan Adakan UKW Pada September 2022

0
Pengurus IWO OKU, saat beraudiensi dengan Plh Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah, Senin (4/4). Foto: Harki Mahali

BATURAJA – Pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten OKU, rencananya pada September 2022 ini akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dengan mengikutsertakan seluruh anggota organisasi tersebut di Bumi Sebimbing Sekundang.

Hal itu terungkap saat pengurus IWO OKU yang diketuai, Herbert P Nainggolan melakukan audiensi dengan Pelaksana Harian (Plh) Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah, Senin (4/4/2022).

Menurut dia, pihaknya akan menjalankan sejumlah program kerja pada tahun 2022. Salah satunya menggelar UKW pada September 2022.

“IWO mempunyai visi terwujudnya kebebasan pers yang profesional dan sejahtera dengan menjunjung tinggi azas demokrasi,” kata Herbert.

Selain itu lanjut dia, pihaknya juga punya misi untuk memperjuangkan kebebasan pers. Dan hak publik untuk mendapatkan informasi akurat, akuntabel, berimbang dan tidak mengandung unsur fitnah, bohong (hoax) provokatif dan SARA.
Serta meningkatkan profesionalisme wartawan online yang bertanggung jawab dan berintegritas.

“Karena itu, IWO akan melaksanakan UKW dan mohon support, serta dukungan dari Pemerintah Kabupaten OKU dalam kegiatan tersebut,” kata dia.

Herbert juga mengharapkan dukungan dan kerja sama dari Pemerintah Kabupaten OKU untuk Sekretariat Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten OKU.

Menanggapi hal itu, Plh Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah menyampaikan bahwa IWO diharapkan sebagai mitra strategis pemerintah yang dapat turut andil dalam arah kebijakan Pembangunan Kabupaten OKU, disamping wadah dan bermanfaat untuk proteksi anggota dalam menjalankan profesi maupun bekerja aman dalam bertugas sebagai jurnalis.

Teddy Meilwansyah juga mengharapkan terjalin sinergitas antara Pemkab OKU dengan kalangan insan pers khususnya dengan seluruh anggota IWO OKU.

“Saya harap IWO OKU anggotanya terus tetap profesional dalam hal bekerja untuk menginformasikan maupun menyajikan berita harus proporsional demi kepentingan masyarakat terutama dalam pekerjaan terkait kejurnalisan,” kata Teddy.

Teddy Meilwansyah mengatakan bahwa Ikatan Wartawan Online (IWO) merupakan organisasi pers yang menjembatani informasi kepada rakyat di seluruh pelosok Indonesia.

Karenanya, insan pers harus menjunjung tinggi kode etik, kaidah jurnalistik serta menjaga keseimbangan dalam melakukan berbagai kegiatan pers.

“Saya atas nama Pemkab OKU menyambut baik hadirnya IWO di daerah ini dan semoga kedepan dapat mampu menjadi wadah para wartawan dalam meningkatkan SDM melalui program-programnya yang bersinergi dengan program-program Pemerintah Daerah,” tegasnya.

Ia menambahkan, teruntuk Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang kedepan akan diadakan, Pemerintah Kabupaten OKU sangat mendukung penuh dan siap mensupport.

Sementara untuk permohonan gedung kesekretariatan yang diajukan Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten OKU akan dikoordinasikan dengan BKAD Kabupaten OKU terkait aset punya Pemkab OKU yang akan dijadikan sekretaris bersama organisasi wartawan yang ada di Kabupaten OKU. (kie)