Jelang HKN ke 56, Bupati Iskandar Kampanyekan Prokes dan Bagikan Puluhan Ribu Masker

0
Jelang Peringatan HKN ke 56 tahun 2020, Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) H Iskandar SE didampingi unsur Forkopimda memasangkan masker ke salah satu pengunjung Pasar Kayuagung, Jum’at (06/11).

KAYUAGUNG- Jelang Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56 tahun 2020 yang jatuh pada 12 November mendatang, Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) H Iskandar, SE., membagikan 53.408 masker secara serentak di seluruh wilayah OKI sekaligus mengampanyekan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran Covid-19 di Pasar Kayuagung, Jum’at (06/11).

Pembagian puluhan ribu masker ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) OKI.

Dengan didampingi unsur Forkopimda beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab OKI, Bupati H Iskandar berjalan, berkeliling Pasar Kayuagung sembari mengimbau ke masyarakat untuk tetap menerapkan prokes Covid-19.

“Ya, kita meski konsisten menerapkan prokes. Perkuat kekompakan dan jangan ragu untuk saling mengingatkan satu sama lain,” pinta Bupati.

Kendati Kabupaten OKI berada di zona orange dengan tingkat penularan sedang, masih kata Bupati, namun penerapan prokes Covid-19 jangan sampai menurun.

Bupati mengklaim berkat kerjasama solid antar semua pihak, baik Forkopimda, petugas medis, Satgas Covid-19, dan partisipasi aktif masyarakat, penyebaran Covid-19 di OKI dapat diminimalisir dan terkendali.

“Tapi ingat, kita jangan sampai lengah. Tetap ingat 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak,” jelas Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinkes OKI, Iwan Setiawan, S.KM., M.Kes., menambahkan rangkaian kegiatan peringatan HKN ke 56 tahun 2020 ini diisi dengan berbagai kegiatan sosial guna pencegahan penyebaran Covid-19.

“Hari ini kita mulai dengan membagi-bagikan masker secara serentak di tiap kecamatan dan desa/kelurahan yang dilaunching langsung oleh Bapak Bupati OKI H Iskandar, SE.,” tutur Iwan.

Selain membagikan masker, lanjut Iwan, peringatan HKN tahun ini juga diisi dengan bakti sosial (baksos) pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Pratama Tugu Jaya yang dirangkai peresmian Puskesmas Makarti Mulya serta baksos pelayanan kesehatan di wilayah perairan dan pesisir. “Terutama di wilayah Puskesmas Sungai Lumpur, Cengal dan Tulung Selapan,” ucapnya. (feb)