Jelang Ramadhan, Bupati OKU Sidak Pasar Tradisional

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Drs H Kuryana Aziz bersama Kapolres OKU dan unsur Muspida melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Pasar Pucuk Baturaja, Jumat (3/5).

Sidak ini dilakukan guna memastikan ketersediaan stok dan stabilitas harga pangan menjelang Ramadhan 1440 H. “Ini kegiatan rutin yang kita laksanakan setiap tahun menjelang Ramadhan,” kata Kuryana didampingi Kapolres OKU, AKBP NK Widayana Sulandari yang dibincangi usai Sidak.

Untuk OKU menurut Kuryana, stok dan harga pangan masih relatif stabil meskipun ada kenaikan yang agak signifikan pada bawang merah dan bawang putih. “Banyak faktor yang menyebabkan kenaikan harga bawang salah satunya musim yang tidak tidak menentu, sehingga bawang menjadi gagal panen, sedangkan pada bulan puasa permintaan meningkat,” sebutnya.

Namun untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga dan menjaga stok pangan, Kuryana mengatakan, pihak Bulog OKU telah mengambil langkah untuk mengatasi hal tersebut.

“Kalau dari Pemkab OKU, kita telah membuka pasar murah untuk masyarakat, jika masih tetap melonjak maka kita akan turun untuk operasi pasar,” ujarnya.

Selain Bulog lanjut Kuryana, untuk mengantisipasi lonjakan harga bawang, Pemkab OKU melalui Dinas Pertanian OKU juga telah menyiapkan bawang merah siap panen yang dibudidayakan di Merbau dan Rantau Kumpai.

“Ada beberapa hektar pertengahan bulan ini panen, Insyallah itu bisa mencukupi kebutuhan masyarakat OKU dan menstabilkan harga bawang,” katanya.

Sementara itu Kapolres OKU, AKBP NK Widayana Sulandari menambahkan meskipun saat ini belum ditemukan adanya indikasi penimbunan pangan di OKU, namun Polres OKU bersama Pemkab OKU telah membentuk tim terpadu pengendali pangan untuk mengantisipasi terjadinya penimbunan stok pangan, setiap hari tim intel berkoordinasi dengan tim terpadu untuk mengecek ke lapangan. “Kalau terjadi dan ditemukan adanya penimbunan maka akan kita tindak secara hukum,” tegas Kapolres.

Selain pasar tradisional, Bupati bersama Kapolres beserta rombongan juga mendatangi sejumlah minimarket yang beroperasi di Bumi Sebimbing Sekundang, hal ini untuk memastikan harga serta barang yang sudah habis masa pakai (expired). (kie)