Kabupaten OKU Sepakat Dukung Penyelenggaraan Pemilu Damai

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU bersama penyelenggara pemilu dan parpol serta seluruh elemen masyarakat bertekad menyelenggarakan pemilu damai di wilayah tersebut.

Deklarasi pemilu damai ditanda tangani bersama di Pendopo Kabupaten OKU, Rabu (17/10). Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Bupati OKU Drs Johan Anuar SH MM, Kasdim 0403 /OKU Mayor Inf Sukriyanto SIP, Kajari diwakili Kasi Intel Kejari OKU Abunawas SH, Kapolres diwakili Kabag Ops Polres OKU Kompol Yuskar Efenddy SH MH, Ketua Komisi Pemilihan Umum OKU Naning Wijaya ST dan anggota, Ketua Bawaslu OKU Dewantara Jaya SP dan anggota.

Perwakilan dari 16 Partai Politik dan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan perwakilan dari media massa diwakili oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) OKU Purwadi SP.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Poltik (Kebangpol) Kabupaten OKU Taufiq Zubir SH MM  menjelaskan, tujuan deklarasi pemilu damai ini untuk mengubah persepsi agar menjadi pemilu yang damai yang jauh dari money politic, tidak ada diskriminasi dan disitegrasi bangsa karena berbeda pilihan.

Taufiq yang juga didampingi Sekretaris Kesbangpol Novian Ardi SE menjelaskan, peserta kegiatan dari jajaran Dewan Pembina Kominda dan juga anggota Forum Komunikasi Pemerintah Daerah. Ketua dan anggota komunitas intelijen Daerah Kabupaten OKU, instansi terkait, forum-forum dibawah naungan Pemerintah Daerah seperti FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat), FKUB (Forum Kerukunan Uman Beragama) dan FPK (Forum Pembauran Kebangsaan).

Hasil yang diharapkan dari Deklarasi Pemilu Damai ini terbangunnya persepsi yang sama dari semua pemangku kepentingan baik penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu) partai politik dan masyarakat sebagai pemilih dan pemegang kekuasaan agar sama-sama memiliki pemahaman tentang pentingnya pemilu yang damai dan berkarakter untuk menghasilkan pemimpin yang legitimasi.

Sedangkan Wakil Bupati OKU Drs Johan Anuar SH MM dalam sambutannya mengatakan optimis penyelenggaraan pemilu di wilayahnya akan terjalan aman dan kondusif.

Wabup juga menghimbau agar seluruh elemen masyarakat yang sudah ikut menandatangani Deklarasi  Pemilu Damai menjadi  corong untuk menyampaikan keseluruh masyarakat agar sama-sama mentaati kesepakatan bersama.

Dikatakan Wabup, seluruh masyarakat harus memahami bahwa tujuan akhir yang ingin dicapai adalah terwujudnya kesejahtraan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Wabup juga menghimbau agar seluruh penduduk yang sudah dewasa politik menyalurkan hak politinya pada Pemilu tahun 2019 mendatang.

Wabup OKU mengharapkan semua komunitas di OKU bisa berkiprah lebih aktif mensukseskan Pemilu secara tertib, damai, bersih, jujur dan aman. Karena hal itu adalah “esensi” penting dari kehidupan berdemokrasi.

Untuk itu perlu dipahami dan disosialisasikan kepada masyarakat, bahwa Demokrasi yang sehat adalah demokrasi yang jujur. Begitu pula pemilu yang berhasil adalah pemilu yang damai dan politik yang indah adalah politik yang bermartabat. (ags)