Kades Damarpura Akan Aktifkan Kembali Siskamling

0
Foto : Kades bersama Bhabinkamtibmas.
Foto : Kades bersama Bhabinkamtibmas.

MUARADUA (fokus-sumsel.com) – Kepala Desa (Kades) Damarpura Kecamatan Buana Pemaca bekerja sama dengan pihak Bhayangkara Pembinaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) kepolisian sektor (Polsek) Simpang bakal kembali mengaktifkan Sistem Keamanan lLngkungan (Siskamling) diwilayah desa Damarpura.

Kades Damarpura, Tabroni menyebutkan pengaktifan kembali Siskamling tersebut dilakukan guna mengantisipasi berbagai tindakan kriminal di desa yang dipimpinnya. Selain itu juga untuk menciptakan rasa nyaman dan aman di tengah masyarakat, terutama saat malam hari.

Diterangkan oleh Tabroni, antisipasi sekaligus pencegahan terhadap berbagai tindakan kejahatan yang sewaktu waktu bisa terjadi sangatlah perlu dilakukan. Ini demi terwujudnya kehidupan masyarakat yang aman dan tenang.

“Kita telah berkoordinasi dengan Bhabintibmas Polsek Simpang dan akan panggil seluruh perangkat desa, khususnya Kepala Dusun (Kadus) membahas tentang rencana pengaktifkan Siskamling tersebut,” ujar Kades Tabroni, saat dibincangi fokus sumsel di kantor Polsek Simpang.

Sementara itu Kapolsek Simpang, Iptu Habibulah melalui Kanit Bimbingan Masyarakat (Binmas) Sumaryoto, sebagaimana yang disampaikan Bripka Parawiyoto membenarkan adanya koordinasi yang di lakukan Kades Damarpura terkait rencana pengaktifan kembali Siskamling atau pos jaga malam di desa tersebut.

Pihaknya sendiri, juga sangat mendukung kegiatan tersebut untuk dilaksanakan. “Dengan adanya Siskamling, selain akan membantu pihak Kepolisian dalam menjaga keamanan masyarakat, juga untuk mengantisipasi dari berbagai tindakan kriminal atau kejahatan yang bisa terjadi terutama saat malam hari,” ungkapnya.

Ditambahkan Parawiyot, himbauan tentang pentingnya menghidupkan jaga malam atau mengaktifkan  Siskamling ke setiap desa di kecamatan Simpang ataupun di kecamatan Buana Pemaca selalu disampaikan pihaknya, baik dengan cara koordinasi dengan pihak kecamatan ataupun langsung ke setiap Kepala Desa yang ada di wilayah hukum Polsek Simpang, terutama di desa-desa yang dianggap rawan.

“Harapan kita dengan adanya Siskamling ini selain bisa mencegah niat para pelaku kejahatan untuk beraksi, keamanan dan kenyamanan masyarakat juga akan lebih terjamin dan terjaga,”pungkasnya. (den)