Kadishub Buka Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

0

BANYUASIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin melalui Dinas Perhubungan menggelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas. Acara yang diselenggarakan di Ruang Rapat Dinas Perhubungan, Selasa (30/7), dibuka Kepala Dinas Perhubungan setempat, Drs Anthony Liando MSi.

Intan Olivia dari SMA Negeri 3 Banyuasin III dengan judul presentasi Penggunaan Media Rambu-rambu Lalulintas Berbahan Dasar Sampah keluar sebagai Juara 1. Sedangkan keluar sebagai juara 2 atas nama Mutiara Putri dari SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III dengan Judul Tracarety (Traffic Safety Care Community) and Smalior (Small Life Savior) as a Traffic Safety Detective.

Sementara Juara 3 Galih Priambodo dari SMA Negeri 1 Rambutan dengan judul presentasi Upaya Menanggulangi Balap Liar di Kalangan Pelajar Kecamatan Rambutan. Para siswa dinilai oleh perwakilan Polres Banyuasin, perwakilan PT Jasa Raharja, dan perwakilan Dishub Banyuasin.

“Ini adalah program yang dijalankan secara konsisten dan punya komitmen. Karena pelajar itu bisa menjadi contoh keselamatan lalu lintas di wilayahnya,” kata Kadishub.

Anthony mengapresiasi para pelajar yang turut berpartisipasi dalam kegiatan pemilihan tersebut, serta memiliki harapan besar kepada mereka untuk membangun budaya tertib lalulintas.

Selain menjadi pelopor keselamatan lalulintas dan mendapatkan pendidikan, Anthony juga berharap pelajar yang berpartisipasi dapat berkolaborasi dengan Pemkab Banyuasin. “Para siswa ini akan dirangsang kreatifitasnya, lalu mengeluarkan suatu produk inovatif,” lanjut Anthony.

Ia mengatakan, kegiatan pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan berlangsung selama satu hari. Pemenang I, II, dan III tingkat Kabupaten Banyuasin akan dilombakan ke tingkat provinsi pada Agustus 2019. “Selanjutnya pemenang I, II, dan III tingkat provinsi akan diikutkan ke tingkat nasional pada September 2019,” pungkas Kadishub.

Sementara, Kepala Bidang LLAJ Djoko Santoso melalui Kasi Pengendalian Kesalamatan dan Operasional Agustion Soyus mengatakan, kegiatan ini diikuti 9 siswa-siswi dari SMA Negeri 1 Banyuasin III, SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III, SMA Negeri 3 Banyuasin III, dan SMA Negeri 1 Rambutan. “Masing-masing membuat karya ilmiah yang bertemakan Leadership for road safety,” kata Soyus.

Para peserta yang meraih juara 1, 2, dan 3 akan mendapat piala dan selempang. Selain itu para pemenang akan mendapat uang pembinaan. “Seluruh peserta akan diberikan piagam dan souvenir pelajar pelopor tahun 2019 sebagai kenang-kenangan,” beber Soyus.

Tujuan digelarnya Pemilihan Pelopor Keselamatan Lalu Lintas aadalah untuk meningkatkan kesadara pelajar dalam memathui peraturan lalu lintas, mengurangi resiko kecelakaan akibat perilaku sebagai pengguna jalan. Menanamkan dan membangun kesadaran generasi muda melalui pelajar sebagai pelopor berprilaku tertib lalu lintas dan angkutan. (Diskominfo/PKP)