Kapolda Sumsel Tindak 6 Polisi Lantas

0

# Masih Nekat Lakukan Tilang Ditengah Pandemi Covid-19

PALEMBANG – Enam orang oknum anggota Satlantas Polrestabes Palembang dengan inisial AIPDA AA, BRIPKA AL anggota Pos Simpang Patal, AIPDA AS, BRIPKA FZ anggota Pos Lantas Simpang Golf, BRIPKA HAR, BRIGADIR AG anggota Pos Lantas Simpang Sekip diberikan sanksi oleh Kapolda Sumsel karena kepergok masih menilang pengendara di Kota Palembang, Sabtu (18/04). Padahal sudah jelas aturannya kalau selama pandemi Covid-19 ini mereka dilarang menilang.

Aksi nakal oknum Satlantas itu sendiri dipergoki langsung oleh Kapolda Sumsel, Irjen Pol Priyo Widyanto yang saat itu terjun ke lapangan dengan menggunakan pakaian preman dan masker tertutup tanpa pengawalan ajudan.

Tanpa basa-basi, keenam anggota Satlantas Polrestabes Palembang  tersebut langsung ditindak Kapolda dengan perintah.

Kapolda untuk mengumpulkan seluruh KTA anggota, dan keenam anggota Satlantas tersebut agar menghadap Kabidpropam pada hari Senin tanggal 20 April 2020 guna proses lebih lanjut.

Penindakan oleh Kapolda tersebut dilakukan lantaran 6 anggota Satlantas Polrestabes Palembang itu dinilau telah melakukan pelanggaran yakni tidak melaksanakan perintah pimpinan atau dianggap tidak patuh pada perintah pimpinan atau membangkang, mengenai larangan untuk tidak melakukan penindakkan terhadap pengemudi baik R2 maupun R4 pada saat sedang menghadapi wabah pandemi Virus Covid – 19 atau Corona.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel, Kombes Pol Juni saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Memalui pesan singkatnya via Whastapp khusus mengatakan, jika keenam oknum anggota tersebut sampai dengan berita ini diterbitkan masih ditindak tegas oleh Kapolrestabes Palembang.

“Sampai saat ini anggota yang bersangkutan sedang ditindaklanjuti oleh Kapolrestabes Palembang,” jelasnya singkat sembari menghimbau kepada masyarakat untuk selalu tertib dan disiplin dalam berlalulintas serta wajib patuhi segala peraturan lalulintas yang berlaku demi keselamatan dan kemaslahatan bersama. (yns)

Kronologis Penindakkan:

# Pada hari Sabtu 18 April 2020 Pukul 09.30 WIB, enam orang anggota Satlantas melakukan penyetopan terhadap pengendara yang tidak memakai masker dan melakukan pengecekan kelengkapan kendaraan, kemudian melakukan penindakkan terhadap beberapa pengendara yang diduga melakukan pelanggaran lalu lintas di jalan Simpang Patal Palembang.

# Sekitar pukul 09.45 WIB, datang Kapolda Sumsel langsung masuk ke Pos Lantas dengan menggunakan pakaian preman bermasker tanpa ajudan. Pada saat Kapolda Sumsel masuk, di dalam Pos terdapat salah seorang anggota yaitu Bripka HR bersama salah seorang pelanggar. Kemudian datang lagi AIPDA AR bersama seoarang pelanggar masuk ke dalam Pos.

# Setelah berada di dalam Pos Kapolda langsung bertanya apakah kalian kenal dengan saya yang mana saat itu masih memakai masker, kemudian memerintahkan kepada seluruh anggota Lantas yang berjumlah 6 orang masuk ke dalam Pos. Setelah itu Kapolda Sumsel kembali bertanya apakah kalian semua kenal dengan saya sambil menurunkan masker, dijawab salah satu anggota sambil hormat siap Jenderal Kapolda Sumsel.

# Kemudian Kapolda menanyakan kembali kepada anggota, apakah kamu telah mendapatkan arahan dari pimpinan tentang larangan melakukan penindakkan terhadap pengendara disaat menghadapi pandemi Covid-19 dan dijawab oleh anggota bahwa siap telah menerima arahan dari pimpinan tentang larangan melakukan penindakan.

# Kapolda kemudian memerintahkan utk mengumpulkan seluruh KTA anggota, dan keenam anggota Satlantas tersebut agar menghadap Kabidpropam pada hari Senin tanggal 20 April 2020.