Home / Sumsel / OKI / Kasat Reskrim Polres OKI Diganti

Kasat Reskrim Polres OKI Diganti

KAYUAGUNG (fokus-sumsel.com) –Mutasi pejabat dalam jajaran Polres OKI kembali terjadi, kali ini giliran posisi Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) yang berganti. Kegiatan serah terima jabatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres OKI AKBP Ade Harianto SH MH yang dilaksanakan di gedung San Satrisna Mapolres OKI, Senin (12/3).

Jabatan Kasat Reskrim yang sebelumnya dijabat oleh AKP Haris Munandar Hasyim, SH SIk digantikan oleh AKP Agus Prihadinika SH SIk yang sebelumnya menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Muara Enim. AKP Haris sendiri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kanit 1 Sitindak Subditgakkum Ditpolair Polda Sumsel.

Dalam sambutannya, Kapolres OKI AKBP Ade Harianto SH MH mengatakan, mutasi jabatan merupakan suatu yabg lumrah dalam institusi Polri dalam rangka penyegaran dan pembinaan karir.

Menurutnya, serah terima jabatan apalagi di level pejabat utama merupakan hal yang lumrah terjadi. Tidak hanya untuk level Polres tapi juga dilevel Polda, bahkan Mabes Polri.

“Dalam konsepsinya ini disebut Tour Of Duty dan Tour Of Area. Setiap daerah memiliki spesifikasi masing-masing. Tujuannya adalah memperkaya khasanah pengalaman dan pengetahuan dalam menghadapi dinamika tantangan tugas kedepannya,” ujar Kapolres dihadapan para peserta upacara serah terima jabatan yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Masih kata Kapolres, apalagi jabatan Kasat Reskrim merupakan pengemban fungsi penegakan hukum memiliki kewenangan besar. Yang apabila salah dalam menggunakan dapat terkena pelanggaran HAM, bukan hanya dilevel Kasat, Kapolres, Dir bahkan Kapolda pun dapat dicopot bila menggunakan kewenangan tersebut secara tidak benar.

“Pada kesempatan ini, atas nama pimpinan Polres OKI, saya mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan loyalitas yang luar biasa yang sudah saudara AKP Haris Munandar tunjukkan. Banyak sumbangsih dan prestasi yang telah diukir oleh jajaran reskrim dipimpinan saudara,”ungkap Kapolres.

Antaranya, kata Kapolres lagi, penanganan kasus Karhutbunla, penyelesaian kasus 2 anak tenggelam di Kecamatan Mesuji yang banyak membawa permasalahan sampai ke tingkat Mabes Polri dan berbagai Kasus seperti di Desa Sungai Tepuk, OTT pegawai Inspektorat OKI maupun lainnya.

“Untuk itu saya ucapkan selamat bertugas ketempat yang baru. Saya yakin dengan kapabilitas dan pengalaman yang dimiliki AKP Haris akan mampu menjalankan tugas jabatan yang baru sebagai Kanit 1 Sitindak Subditgakkum Ditpolair Polda Sumsel, bahkan meniti jenjang yang lebih tinggi,” ucap Kapolres.

Kepada AKP Agus Prihadinika SH SIk, Kapolres mengucapkan selamat bergabung di Polres OKI. Tanggung jawab penegakan hukum khususnya di bidang Pidana Umum (Pidum) dan Pidana Khusus (Pidsus) kini berada ditangan kasat reskrim yang baru.

“Saya Optimis melihat latar belakang saudara dari Polres Muara Enim yang hanya memiliki sedikit perbedaan karakteristik yaitu luasan wilayah Polres OKI yang lebih luas dan masih banyaknya wilayah yang masih sulit dijangkau. Bukan hanya secara fisik tetapi juga melalui sarana komunikasi serta utamanya kerawanan Karhutbunla akan menjadikan tantangan tersendiri,”tandas Kapolres.

Selain itu Kapolres juga berpesan kepada seluruh Personil Polres OKI agar lebih meningkatkan disiplin dan kinerja serta tunjukkan integritas dan dedikasi yang baik dalam pelaksanaan tugas, serta kurangi pelanggaran. “Mari bersama kita memajukan Polres OKI yang kita cintai ini,” ujar Kapolres. (g-wijaya)

About Gani Wijaya

Baca Juga

Dinkes OKI Gelar Hari Kesehatan Nasional Ke-54

KAYUAGUNG (fokus-sumsel.com) — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten OKI menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 …