Kecewa Belum Ada Perhatian Pemerintah, Warga Perbaiki Jalan Secara Swadaya

0
Warga saat bergotong royong menggunakan dana swadaya memperbaiki kerusakan jalan di kampungnya. Foto: Retno

MUARA ENIM – Kecewa dengan perhatian pemerintah yang dinilai kurang, masyarakat yang tergabung dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Semedo Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim gotong royong memperbaiki jalan secara swadaya, Selasa (12/7).

Diketahui puluhan warga Desa Cahaya Alam, Datar Lebar dan Desa Danau Gerak dibantu Babinsa berjibaku memperbaiki jalan yang panjangnya sekitar 5 kilometer dengan kondisi yang sudah sangat memperihatinkan.

Warga setempat, Jaswin, saat dibincangi wartawan Rabu (13/7) mengatakan, kondisi jalan penghubung Desa Cahaya Alam dengan Desa Danau
Gerak sudah sekian tahun belum pernah diperbaiki oleh pemerintah.

Dikatakan Jaswin, jalan tersebut merupakan akses yang sangat penting bagi masyarakat dalam beraktifitas sehari-hari dan mengangkut hasil bumi, seperti kopi dan sayur mayur.

“Dengan tidak adanya upaya perbaikan dari pihak terkait, maka warga mengambil inisiatif untuk melakukan perbaikan secara Swadaya,” terangnya.

Sementara Babinsa Cahaya Alam, Serda Darul Arkam membenarkan adanya kegiatan masyarakat yang bergotong royong memperbaiki jalan rusak tersebut menggunakan dana swadaya.

“Karena ini merupakan jalan penghubung antar desa, kami berharap akses jalan ini secepatnya dibangun pemerintah daerah mengingat kondisinya sudah sangat memperihatinkan,” pungkasnya

Sementara Kades Cahaya Alam, Amrullah mengatakan, masyarakat bergotong royog memperbaiki karena kondisinya sangat parah dimana hampir seluruh badan jalan aspalnya sudah mengelupas dan berlobang.

Upaya ini, kata dia, untuk menghindari supaya pengendara terutama motor tidak terjatuh apalagi kondisi jalan turunan dan sangat licin saat turun hujan.

Dikatakan Amrullah, pemeritah desa sudah sering melakukan usulan kepada pemerintah daerah dan disampaikan kepada anggota DPRD namun sampai sekarang belum ada tanggapan.

“Ya kita berharap kiranya pemerintah melalui dinas terkait segera menganggarkan untuk memperbaiki akses jalan penghubung Sesa Cahaya Alam dan beberapa desa seperti Desa Danau Gerak dan Desa Pelakat,” pungkasnya. (rws)