Kedapatan Membawa Narkoba, Penumpang Pesawat Citilink Diamankan

0

PALEMBANG – Petugas Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang mengamankan satu calon penumpang pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 988 tujuan Batam di area Garbarata, Rabu (31/7).

Penumpang tersebut bernama Ari Wibowo (34), diduga akan menyelundupkan narkoba jenis meth dengan metode swallow atau ditelan. Karena saat digeledah di badannya maupun barang bawaannya tidak ditemukan narkoba.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumsel, Brigjen Pol Jhon Turman Panjaitan membenarkan, adanya salah satu calon penumpang yang diamankan dengan dugaan membawa narkoba.

Saat ini, BNNP Sumsel sudah berkoordinasi dengan pihak Avsec, Bea Cukai dan Angkasa Pura untuk menindaklanjuti temuan tersebut.

β€œNarkoba yang dibawa pelaku jenisnya meth yang disimpannya dengan swallow atau ditelan. Pelaku sudah dibawa ke RS Siloam untuk melihat narkoba yang dia telan. Setelah di USG ada dua bungkus plastik narkoba jenis meth keluar sewaktu pelaku buang air besar,” jelasnya.

Untuk saat ini, lanjut Jhon, BNNP Sumsel akan mengembangkan kasus ini dari mana barang tersebut dan akan dikirim ke siapa. β€œIni yang akan kita kembangkan,” tuturnya.

Adapun penangkapan pelaku berawal dari kecurigaan petugas Avsec Bandara Internasional SMB II Palembang terhadap salah satu penumpang yang belum diketahui identitasnya.

Lalu petugas Avsec dibantu personil BKO Lanud SMH dan POM AU dan BNNP Sumsel, merapat ke ruang OIC untuk berkoordinasi. Setelah koordinasi dilakukan mengamankan pelaku bernama Ari Wibowo di parking stand Nomor 8 di area Garbarata.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan petugas gabungan tidak menemukan narkoba, namun petugas curiga narkoba yang dibawa oleh Ari, disembunyikan di dalam perutnya dengan cara menelannya. Sehingga oleh petugas BNNP Sumsel pelaku dibawa ke rumah sakit. (yns)