Kedatangan Jemaah Haji OKU Disambut Isak Tangis Keluarga

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Kedatangan 338 jemaah haji asal Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) di Bumi Sebimbing Sekundang, Selasa (4/9), disambut isak tangis oleh pihak keluarga.

Ketua Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), H Zulfan Baro, saat menyampaikan laporannya ke Sekretaris Daerah (Sekda ) OKU, Dr Drs H A Tarmizi, mengaku, sangat terharu dan mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh warga OKU yang telah mendoakan para jemaah haji sehingga bisa pulang ke tanah kelahirannya dalam kondisi sehat dan selamat.

Dia menjelaskan, kepulangan jemaah haji OKU tahun ini dibawa menggunakan sembilan bus yang bertolak dari Asrama Haji Palembang ke Islamic Center Baturaja.

Sementara Kepala Kemenag OKU, H Ishak Putih didampingi Kasubbag TU, H Fahrul Amin menyebutkan armada bus yang ke Islamic Centre, hanya mengangkut jemaah haji saja. “Untuk koper haji, turun di kantor Kementrian Agama OKU. Jadi pihak keluarga yang mau menjemput silahkan juga mampir ke kantor kami untuk mengambil koper para jemaah haji,” terangnya.

Untuk pengambilan koper haji, dijelaskan Fahrul, pihak keluarga harus membawa kartu tanda pengenal yang telah diberikan saat pemberangkatan jemaah beberapa waktu lalu. “Pakai kartu tanda. Warnanya pink, atau bisa juga menggunakan paspor jemaah,” tegasnya.

Dari pantauan wartawan hadir pada penyambutan jemaah haji itu diantaranya Para Staf Ahli, Kabag Kesra Pemkab OKU Kadarisman, Kepala Basnaz OKU, Kabag Ops Polres OKU Kompol Yuskar Efendi, Perwakilan Kodim 0403/OKU, Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj Yusmadiana Tarmizi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.

Sekda OKU H Achmad Tarmizi menyampaikan, selamat datang kepada seluruh jamaah haji yang kembali ke daerah dengan kondisi sehat dan kembali berkumpul dengan keluarga. Ibadah haji yang telah dilaksanakan diharapkan melengkapi kesempurnaan dari ibadah-ibadah lainnya.

Dimana melalui ibadah haji, para jamaah menyaksikan keagungan Allah SWT. “Sekali lagi saya menyampaikan selamat datang kepada seluruh jamaah haji Kabupaten OKU, semoga menjadi haji yang  Mabrur dan Mabrurah,” tegas Sekda.

Untuk diketahui Jamaah haji asal Kabupaten OKU diberangkatkan pada malam Senin tanggal 23 Juli 2018 pukul 20.30 WIB secara resmi dilepas oleh Sekda OKU Dr H Achmad Tarmizi. Begitupun pada penyambutannya Sekda OKU yang menerima kedatangan rombongan jamaah haji asal Kabupaten OKU didampingi Pejabat Pemkab OKU, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta sanak saudara keluarga haji di halaman Islamic Centre Baturaja OKU.

Terpisah, Kabag Kesra Setda OKU, Kadarisman menambahkan, pihaknya sangat bersyukur acara penyambutan jemaah haji tahun ini bisa dilaksanakan secara sukses dan aman seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terjadi berkat adanya kekompakan seluruh lapisan mulai dari penyelenggara sampai ke pihak keamanan. (ags)