Kedatangan Piala Adipura Disambut Antuasias Warga OKU

0
Bupati OKU, H Kuryana Azis yang baru tiba di Baturaja dengan membawa Piala Adipura langsung disambut antusias oleh Wabub, Johan Anuar serta ratusan pasukan kuning, pasukan orange dan pasukan hijau.
Bupati OKU, H Kuryana Azis yang baru tiba di Baturaja dengan membawa Piala Adipura langsung disambut antusias oleh Wabub, Johan Anuar serta ratusan pasukan kuning, pasukan orange dan pasukan hijau, Selasa (15/1).

BATURAJA (fokus-sumsel.com) – Dipimpin Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Drs H Kuryana Azis dan Wakil Bupati nya, Drs Johan Anuar SH MM, daerah berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang kembali meraih Piala Adipura tahun 2018. Pencapaian ini mencatat peraihan Piala Adipura untuk kedua kalinya secara berturut-turut. Pertama pada 2017 dan kedua 2018.

Piala Adipura 2018 baru diterima Bupati OKU, Senin (14/1) yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dan Selasa (15/1) Piala Adipura k dua ini datang di Baturaja dan disambut antusias masyarakat serta Aparatur Sipil Negara (ASN), di lingkungan Pemkab OKU. Penyambutan Piala Adipura dipusatkan di Pendopoan Rumah Dinas Bupati OKU.

Terpantau, Piala Adipura yang dibawa berjalan kaki menuju pintu gerbang rumah dinas bupati ini diterima oleh Wakil Bupati OKU, Johan Anuar. Terlihat mendampingi Sekda OKU Achmad Termizi, Kajari diwakali Kasi Intel Abunawas SH, Wakil Ketua DPRD OKU Hj Indrawati MH dan para kepala dinas, tokoh masyarakat, tokoh agama serta seluruh elemen masyarakat OKU. Tampak juga pasukan kuning, pasukan hijau, serta tim orange.

Dalam kata sambutanya Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis menjelaskan, pencapaian atau berhasilnya diraih Piala Adipura yang kedua ini tidak lepas dari peran aktif semua lapisan. Mulai dari masyarakat, dinas dan instasi di OKU. Bahkan unit-unit usaha yang ada di daerah berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang tersebut.

“Yang jelas tidak lepas dari peran besar pasukan kuning, pasukan hijau dan pasukan orange. Ini bukti nyata kerja keras, kerja ikhlas dan kerja tuntas serta komitmen kita bersama,” kata Bupati.

Bupati menjelaskan, Kab OKU berbangga dengan pencapaian ini. Bagaimana tidak dari 512 Kabupaten dan kota di Indonesia ada 119 Kab/kota yang berhasil meraih Piala Adipura. Satu diantaranya Kab OKU. Dan satu daerah yang mendapat Piala Adipura Kencana yakni Surabaya.

“Kabupaten OKU meraih Piala Adipura kreteria seperti tahun sebelumnya yakni kategori kota kecil bersih. Penilaian ini bukan hanya dari tingkat kebersihan kota saja melainkan banyak ditambah faktor penilaian lainya. Seperti penilaian terhadap bank sampah induk dan penilaian terhadap penyusunan dokumen kebijakan serta strategi daerah dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah lainnya,” jelasnya.

Dengan pencapaian ini, kata Bupati jangan cepat puas. Piala Adipura ini harus dipertahankan. Tentunya perlu dukungan dan peran serta dari masyarakat dan semua pihak. Seperti Surabaya berhasil mencapai Piala Adipura Kecana. Kabupaten OKU perlu banyak belajar dari sana.

“Cobalah anggota DPRD OKU kunjungan kerja kesana. Hasilnya sampaikan kepada kami eksekutif dan akan kita pelajari dan jika mungkin akan kita terapkan di kab OKU ini,” jelasnya.

Disamping itu dalam kesempatan kegiatan penyambutan Piala Adipura tersebut juga diberikan bantuan bingkisan antara lain ada berupa beras, minyak dan ada juga gula. Jumlahnya  sebanyak 300 bingkisan dari Pemkab OKU untuk Pasukan Kuning. 69 bingkisan dari Pemkab OKU untuk pasukan hijau Dinas Perkim dan 15 bingkisan dari Bank Sumsel Babel untuk operator. (ags)