KPU OKU Akan Gelar Pemilu Run, Target 500 Peserta

0
Ketua KPU OKU, Naning Wijaya.

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) akan menggelar Pemilu Run dengan tema “Pemilih Berdaulat Negara Kuat” Minggu pagi 7 April 2019. Dengan lokasi start dan finish di halaman kantor DPRD OKU.

Pemilu Run tersebut dilaksanakan serentak secara nasional berdasarkan surat dari KPU RI No. 581/ PP.08-SD/ 06/ KPU/ IV/ 2019.

Nah celakanya, pelaksanaan Pemilu Run oleh KPU di OKU ini rupanya berbarengan dengan jadwal kampanye salah satu Paslon Capres-Cawapres.

Lokasinya pun tak berjauhan. Dimana pelaksanaan Pemilu Run KPU OKU digelar di halaman DPRD. Sedangkan kampanye Paslon Capres dimaksud, di areal tribun Taman Kota Baturaja.

Oleh karenanya, Ketua KPU OKU Naning Wijaya didampingi Plt Sekretaris KPU Andre Bastian, meminta masyarakat untuk tidak salah faham atas timing acara yang berbarengan itu.

“Karena ini bertepatan dengan jadwal kampanye 21 hari, tentu dalam proses sosialisasi ini akan berbarengan dengan jadwal kampanye. Kebetulan tempatnya tidak berjauhan. Kami di DPRD, kampanye Paslon Capres di areal Tribun. Mereka tentu tidak mau bergeser. Dan tim kampanye juga tidak bisa menghindari jadwal yang sudah dibuat. Kami pun demikian, karena surat izin juga sudah dibuat. Jadi tidak mungkin pula kami merubah tanggal itu,” urai Naning.

Mengapa? Karena, lanjut Naning menjelaskan, bahwa Pemilu Run ini dilaksanakan serentak tanggal 7 April di seluruh Indonesia. Bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemiliu dalam pemilu 2019.

“Kegiatan ini akan diramaikan oleh seluruh masyarakat. Komponen peserta pemilu, baik itu Parpol dan tim kampanye pasangan capres-cawapres, pemerintah daerah dan unsur muspida. Mereka semua kita undang untuk meramaikan,” tegasnya.

Dari kegiatan ini pula, KPU sedikit banyak ingin memberitahu, bahwa Pemilu bukan bukan hanya tanggung jawab KPU, tapi Pemerintah dan masyarakat turut andil dalam menghasilkan Pemilu yang sesuai dengan amanat Undang-undang.

“Dan tentu pada pelaksanaannya nanti, kita berharap pemilih maupun peserta pemilu benar-benar nyaman dalam melakukan proses pemilu 17 April 2019,” imbuhnya.

KPU menghimbau masyarakat untuk benar-benar memanfaatkan momen libur nasional 17 April mendatang, untuk berbondong mendatangi TPS dalam rangka menyalurkan hak suaranya.

“Pemilu Run itu nanti start dan finishnya di halaman DPRD. Nanti akan diisi dengan berbagai macam hiburan. Ada DJ, penampilan band. Termasuk bagi-bagi doorprize. Nanti juga ada deklarasi Pemilu damai,” pungkasnya.(kie)