KPU OKU Akan Siapkan Petugas Khusus

0
Ketua KPU OKU, Naning Wijaya

BATURAJA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), telah menyiapkan skema khusus pelaksanaan pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Bupati dan Wakil Bupati OKU tahun 2020 dalam masa Pandemi Covid-19.

Ketua KPU OKU, Naning Wijaya ST, saat dibincangi wartawan, Selasa (01/09) mengatakan, di skema KPU OKU pada pemilihan kali ini ada beberapa hal yang tidak sama dengan pemilihan-pemilihan sebelumnya.

“Pemilih nantinya sebelum mencoblos akan dilakukan termogun suhu tubuh. Nanti juga akan disediakan masker dan sapu tangan untuk pemilih. Namun kita tetap menyarankan kepada pemilih untuk memakai masker dari rumah sebelum datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak suaranya,” jelas Naning.

Lebih dari itu, kata Naning, pihaknya juga akan memperhatikan paku sebagai alat pencoblosan. Paku juga akan disterikan sebelum digunakan pemilih. Dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) ini, memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemilih yang datang ke TPS untuk menyalurkan hal suara mereka.

Lebih dari itu, Naning menegaskan, pemilih jangan khawatir. Pihaknya akan berkomunikasi dengan pihak Gugus Tugas Covid-19. Tujuan tidak lain untuk mengetahui apabilah ada pemilih yang terpapar Covid-19. Pihaknya akan menyiapkan petugas khusus untuk memfasilitasi warga pemilih tersebut. Dengan demikian hak suara mereka tetap dapat disalurkan.

“Kita akan jemput bola. Sampai saat ini, kita belum ada rencana menyiapkan TPS Khusus. Kita akan jemput bola menyiapkan petugas khusus untuk memfasilitasu warga yang terpapar tetap bisa menyalurkan hak suara mereka. Sampai saat ini kita belum ada datanya, namun kita akan segera melakukan koordinasi dengan pihak satgas Covid-19 Kab OKU,” tegas Naning, sembari menambahkan untuk tindakan tersebut, petugas akan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) standart petugas medis. (kie)