Kurir 99 Gram Sabu, Surya Divonis 15 Tahun

0

PALEMBANG (fokus-sumsel.com) — Jaksa Penuntut Umum (JPU) Imam Murtadlo SH menuntut terdakwa Surya Mekka kurir narkotika jenis sabu seberat 99,10 gram selama 15 tahun. Dalam persidangan yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Palembang Kls 1 A Khusus, Senin (20/5).

“Perbuatan terdakwa Surya Mekka sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam melanggar Pasal 112 Ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa selama 15 tahun,” ujarnya.

Dikatakan JPU Imam, terdakwa tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan Narkotika Golongan I bukan tanaman beratnya melebihi 5 gram berupa 1 (satu) bungkus plastik bening berisikan kristal-kristal putih dengan berat netto 99,10 gram (5 gram dipakai untuk Labfor, 10 gram untuk persidangan, dan 84,10 gram dimusnahkan).

Atas tuntutan ini majelis hakim yang diketuai Achmad Suel SH memberikan kesempatan bagi terdakwa melalui penasehat hukumnya, untuk menyiapkan nota pembelaan atau pledoi pada persidangan selanjutnya.

Perbuatan terdakwa bermula, saksi Khamim Syarul (Polisi yang menyamar) memesan sabu sebanyak 100 gram dari terdakwa dengan harga Rp 85 juta Kemudian terdakwa langsung menghubungi Yoyo (DPO) untuk memesan sabu sebanyak 100 gram seharga Rp 82 juta.

Lalu saksi bertemu di Rumah Makan Palapa Jalan Veteran dengan terdakwa, kemudian terdakwa jawab “idak, yang punyo barang nak jingok duetnyo dulu”.

Lalu saksi tersebut memperlihatkan uang di dalam tas yang dibawanya sehingga terdakwa percaya dan langsung mengajak saksi menemui Yoyo Ema (DPO) di depan Lrg Budiman Kelurahan Kuto Batu Kecamatan Ilir Timur II Palembang dan menyerahkan satu kantong plastik warna hitam berisi narkotika jenis sabu sebanyak satu paket kepada terdakwa.

Setelah diambil dan dibuka serta membuka isinya, terdakwa langsung melarikan diri namun terdakwa berhasil ditangkap oleh anggota kepolisian yang ternyata sudah mengepungnya. Selanjutnya terdakwa berserta barang bukti dibawa ke kantor Ditresnarkoba Polda Sumsel untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (yns)