Kurir Sabu Divonis 17 Tahun Bui

0

PALEMBANG – Terdakwa Zulholis Bin Jawani pada Senin, 4 Februari 2019 pukul 23.00 WIB atau bertempat di SPBU KM12 ditangkap jajaran Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Selatan dengan barang bukti narkotika jenis sabu dengan berat 982,92 gram.

Perbuatan tersebut dilakukan oleh terdakwa lantaran disuruh oleh Hermansyah Als Man Kodol untuk mengambil narkotika dan dijanjikan upah berupa uang.

Selanjutnya sekitar pukul 22.30 WIB, terdakwa pergi dengan mengendarai 1 (satu) unit sepeda motor Yamaha Mio Soul warna hijau nomor polisi BG 5730 RA menuju ke SPBU KM12 untuk menemui orang suruhan Hermansyah Als Man Kodol. Setelah bertemu, lalu terdakwa berjalan menuju ke arah tempat pengisian angin dan air.

Kemudian terdakwa mengambil satu buah tas paper bag berwarna coklat yang bertuliskan point break dan berisikan satu bungkus plastik warna hijau bertuliskan Guan Yin Yang berisi satu paket narkotika jenis sabu dengan berat 982,92 gram yang berada di samping tempat pengisian angin dan air tersebut.

Terdakwa berencana akan membawa narkotika tersebut ke daerah Kambang Iwak Kecil untuk diserahkan kepada orang suruhan Hermansyah Als Man Kodol. Tapi naas ketika terdakwa berjalan kembali menuju ke tempat parkir motor, dengan sigap jajaran anggota Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel melakukan penangkapan terhadapnya.

Oleh karena itu perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 112 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan dituntut oleh jaksa penuntut umum (JPU) Rini Purnamawati SH dengan tuntutan 18 tahun penjara dan dilanjutkan dengan sidang putusan Pengadilan Negeri Palembang pada Rabu, 3 Juli 2019 dengan putusan dari majelis hakim selama 17 tahun penjara. (yns)