Lakukan Rekayasa Lalulintas Saat Malam Tahun Baru

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Polres Ogan Komering Ulu (OKU) mempersiapkan sejumlah rekayasa lalulintas pada malam perayaan tahun baru 2019 yang difokuskan di alun-alun Taman Kota (Tamkot) Baturaja.

Kapolres OKU, AKBP NK Widayana Sulandari melalui Kasat Lantas, AKP Adik Listiyono SIK mengatakan, belajar dari tahun-tahun sebelumnya, perayaan malam tahun baru 2019 di OKU diprediksi bakal terpusat di Tamkot Baturaja.

“Kita telah menyiapkan rekayasa lalulintas, terutama di Tamkot Baturaja yang akan kita berlakukan Car Free Night,” kata Kasat Lantas saat dikonfirmasi via sambungan selulernya, Sabtu (29/12) siang.

Rekayasa lalulintas ini untuk menghindari terjadinya kemacetan dan penumpukan kendaran di sejumlah titik, hal ini akan diberlakukan pada Senin petang (31/12) sekitar pukul 18.00 Wib hingga selesai kegiatan.

Dikatakan Kasat, sejumlah ruas jalan menuju Tamkot Baturaja akan ditutup diantaranya dari arah Simpang Jembatan Ogan I, Simpang Tiga IGD RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, Simpang Empat Kantor Kemenag dan Simpang Tiga Kantor Pos Baturaja.

Selain itu sejumlah titik parkir juga sudah disiapkan. “Bagi masyarakat yang ingin ke tamkot, kita sudah siapkan kantong parkir diantaranya dari Simpang Tiga Ramayana hingga Kantor Pos, arah Simpang RS DKT dan Simpang 3 eks Hotel Baturaja,”  jelasnya.

Sedangkan untuk di Islamic Center Baturaja yang akan dilaksanakan kegiatan zikir akbar kata Kasat,  pihaknya akan menempatkan sejumlah personel serta menugaskan personel yang akan berpatroli ke sejumlah titik yang dianggap rawan macet seperti City Mall dan titik lainnya. Hal ini untuk mengantisipasi kemacetan lalulintas.

Masyarajat dihimbau untuk menghindari melintas di areal jalan yang ditutup agar tidak terjebak macet, bagi masyarakat dari arah Pasar Atas hendak ke arah rumah sakit menuju Pasar Baru akan dialihkan ke arah Jembatan Ogan III atau Jalan Lintas Baturaja, terkecuali dalam keadaan urgent untuk pasien yang akan menuju rumah sakit.

Kasat juga menghimbau masyarakat OKU untuk menjaga keamanan dan ketertiban berlalulintas dengan tidak melakukan konvoi kendaraan pada perayaan malam tahun baru aerta mematuhi aturan berlalulintas. “Parkirkan kendaraan ditempat yang sudah disediakan dan demi kemananan wajib menambahkan kunci tambahan pada kendaraan,” himbaunya. (ags)