Lapas Perempuan Palembang Hadirkan Layanan Video Call Untuk WBP

0

PALEMBANG — Menyambut hari raya Idul Fitri yang tinggal menghitung hari, Lembaga Permasyarakatan Wanita Klas II A Palembang kembali berinovasi dengan meluncurkan layanan Video Call berbasis Android di Wartelsuspas LPP, Jumat siang (31/5).

Hal tersebut diklaim adalah yang pertama kali di seluruh Lapas dan Rutan yang ada di Sumsel. ”Layanan ini semata-mata kami sediakan untuk kenyamanan komunikasi antara warga binaan (WBP) kami dengan keluarga mereka, keduanya bisa bertatap muka walaupun terhalang jarak, apalagi mendekati hari raya ini,” jelas Tri anna Aryati selaku Kepala LPP Palembang didampingi KPLP Emi Yunita dan Kasi Kegiatan Kerja Rosliani Pulungan SH, saat dikonfirmasi Minggu (2/6).

Dijelaskan Tri, pihaknya tentu sangat bangga dalam hal ini karena menjadi Pelopor VC di lingkungan Kanwil Sumsel. ”Jelas kita bangga, karena belum ada yang menerapkan VC ini di Rutan atau Lapas lain di Sumsel,“ jelasnya.

Di Wartelsuspas saat ini lanjut Tri, sudah menyediakan 50 KBU yang semuanya siap dipakai, sedangkan untuk Android  VC baru 2 yang standby digunakan. ”KBU di wartelsuspas sudah kita tambah dari 30 KBU kini sudah 50 KBU, jelas ini akan berdampak baik kedepan terutama untuk WBP agar dapat efektif membantu komunikasi mereka dengan keluarga, sehingga tercipta suasana Kondusif yang diharapkan,” terang Tri.

Kembali dijelaskan Tri, layanan VC sendiri bekerjasama dengan Palapa, sedangkan untuk penggunaannya dengan cara hanya Bisa dari dalam atau hanya WBP yang bisa menghubungi keluarganya di luar dan tidak bisa sebaliknya.

”Kita memberlakukan tarif layaknya wartel, WBP hanya bisa menelpon dari dalam sementara keluarga tidak bisa menelpon WBP dari luar. Jadi meskipun ini suatu kemudahan namun tetap kita tegas dalam melakukan pembinaan disini, kami berharap dengan program ini dapat meringankan beban kerinduan WBP dengan keluarganya diluar,” tegasnya.

Sementara itu, Yuli salah satu WBP mengaku, sangat senang dengan adanya layanan VC ini, tentu baginya ini sangatlah membantu. ”Saya jelas senang pak, begitu juga dengan rekan-rekan disini. Kami kadang sangat rindu melihat wajah orang di rumah, terutama orang tua dan anak-anak. Layanan VC ini terobosan yang luar biasa, kami berharap hal tersebut dapat berjalan lebih baik. Untuk kami yang sedang menjalani proses hidup ini,” tandasnya. (yns)