Mahasiswa Asal Muba di Yogyakarta Dapat Fasilitas Mudik Gratis

0
Mahasiswa asal Muba yang tergabung dalan IKPM Muba Yogyakarta berfoto bersama sesaat sebelum mudik. Foto: Istimewa

SEKAYU- Mahasiswa asal Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang sedang mengenyam pendidikan tinggi di Yogyakarta dan tergabung dalam Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa (IKPM) Muba patut bersenang hati.

Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba mulai 26 April memfasilitasi armada bus untuk mereka agar bisa mudik gratis ke kampung halamannya.

Ketua IKPM Muba Yogyakarta, Nugroho,  menjelaskan, mudik gratis ini di laksanakan sejak 26-27 April 2022 dan pemberangkatan dari Asrama Randik Yogyakarta.

“Total ada 93 mahasiswa dan mahasiswi asal Muba yang saat ini kuliah di Jogja. Alhamdulilah, Pemkab Muba tahun ini menyiapkan dua armada bus dengan kapasitas masing-masing 50 kursi untuk kami agar bisa mudik lebaran gratis ke Kabupaten Muba,” kata dia saat dihubungi wartawan via ponselnya, Kamis (28/4/2022).

Adapun syarat untuk mengikuti mudik gratis ini sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan, yakni pemudik harus sudah divaksin booster yang dibuktikan dengan sertifikat vaksin booster atau melalui aplikasi Peduli Lindungi.

Selain itu, peserta mudik gratis juga harus terdaftar sebagai anggota IKPM Muba Yogyakarta yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Anggota (KTA).

“Pemilik sertifikat vaksin 1 dan 2 atau belum booster wajib swab antigen pada H-1 keberangkatan. Bagi yang belum pernah vaksin harus menunjukkan surat keterangan dokter yang menyatakan tidak bisa vaksin dan wajib swab PCR pada H-1,” tegasnya.

Lebih lanjut, Nugroho mengajak, seluruh mahasiswa dan mahasiswi untuk terus optimis di tengah situasi yang tak pasti ini.

Pemkab Muba, kata Nugroho, akan siap untuk menggeliatkan kembali sektor pendidikan dan pariwisata daerah. “Kita harus optimis di tengah masa pandemi saat ini. Mari sama-sama berinovasi dan memberikan dedikasi agar pendidikan dan pariwisata di Kabupaten Musi Banyuasin segera pulih kembali,” tambahnya.

Sementara itu, Ferry Wijaya, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Jurusan Elektro Medical asal Kecamatan Tunggal Jaya mengatakan, mudik gratis ini sangat membantu mahasiswa, karena dapat meringankan beban mahasiswa untuk pulang kampung guna merayakan Idul Fitri bersama keluarga tercinta.

“Terimakasih kepada stakholder di Kabupaten Musi Banyuasi yang telah memberikan fasilitas mudik gratis bagi IKPM Musi Banyuasin yang sedang menempuh pendidikan di Jogja,” tuturnya.

Terpisah, Plt Bupati Beni Hernedi SIP mengingatkan kepada mahasiswa peserta mudik gratis untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. “Selamat mudik dan berkumpul dengan keluarga, semoga selamat sampai tujuan,” tandasnya. (wan)