Manfaatkan Jejaring, Sebarkan Pesan Optimisme COVID-19

0

KAYUAGUNG -Satuan tugas percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten yang dibentuk Bupati OKI terus melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona di Kabupaten OKI.

Juru bicara satuan tugas COVID-19 OKI yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, Iwan Setiawan mengungkap upaya sosialisasi jejaring dilakukan untuk menggencarkan informasi dan memberi pemahaman kepada masyarakat untuk tidak terlalu panik terhadap isu COVID-19.

“Kami punya jejaring yang mengakar ke desa-desa, baik itu bidan, dasa wisma dan ibu hamil yang dipantau oleh tim Kesehatan ibu dan anak (KIA) kabupaten OKI jumlahnya ribuan” jelas Iwan di media center satuan tugas COVID-19 OKI, Rabu (19/03).

Melalui jejaring ini kata Iwan, pihaknya gencar lakukan kampanye pola hidup bersih dan sehat agar mampu mencegah terpapar virus corona. “Kita bisa cegah dan jangan terlalu khawatir, pesan-pesan itu kita sampaikan,” kata Iwan.

Selain kepada jejaring peran media massa tambah iwan sangat penting untuk membantu pemerintah melawan corona.

“Disini kami dirikan media center dan situation room Covid-19, teman-teman media bisa memanfaatkan ruang ini, kita bersama memberi kejernihan informasi kepada masyarakat tentang covid-19,” katanya.

Media Center Covid -19 ini didirikan untuk mempermudah saluran informasi terkait penyebaran virus corona di OKI.

Selain itu, Media center ini juga berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat yang belum mengerti cara penularan virus corona atau Covid-19 kepada manusia.

Dengan diberikan penjelasan ini diharapkan masyarakat bisa mengantisipasi diri dengan baik terhadap penularan virus corona di daerah ini.

Dengan demikian kata Iwan penyebaran virus corona di OKI dapat dikendalikan dengan baik dan diharapkan tidak ada warga daerah ini yang terjangkit virus tersebut.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKI melalui Plt. Kepala Bidang Pelayanan Komunikasi Publik Diskominfo OKI, Adi Yanto mengungkap gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten OKI akan memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat terkait penanganan COVID-19.

“Tugas kami untuk memberikan informasi dan menyampaikan pesan optimis kepada masyarakat terkait penanganan COVID-19 di OKI,” kata Adi.

Adi juga mengajak masyarakat agar mampu menyaring informasi yang kian beredar tentang COVID-19 dan berhati-hati terhadap isu hoax. “Mari jadi penjernih informasi ditengah ancaman kesehatan global covid-19,” ujarnya. (rel)