Mengenal Tradisi Sedekah Puyang Burung Jauh

0

# Sedekah Rami di Desa Kertayu Kecamatan Sungai Keruh

SEKAYU (fokus-aumsel.com) — Masyarakat Desa Kertayu Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Senin (29/4 ) melangsungkan tradisi tahunan mengelar sedekah rami.

Sedekah rami merupakan upacara adat yang dilakukan turun-temurun oleh masyarakat untuk menolak bala dan mendatangkan rezeki serta ungkapan rasa syukur panen yang berlimpah. Upacara ini biasanya dilaksanakan menjelang masa menanam tiba dan melibatkan seluruh warga desa.

Pada upacara ini akan terlihat rasa kebersamaan dan kekeluargaan dalam mengumpulkan seluruh kebutuhan acara. Kebersamaan itu juga akan terlihat ketika akhir upacara diadakan makan bersama para pemuka adat.

Setelah menyusun makanan lalu pembacaan mantra oleh juru kunci makam puyang burung jauh adat. Selanjutnya dilaksanakan melempar lemang ke masyarakat yang menjadi ciri dalam sedekah rami Puyang Burung Jauh yang hadir berebut satu sama lainnya.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba, H Rusli SP MM dalam sambutanya mengatakan, selain silaturahmi dan doa bersama kegiatan itu juga sebagai bentuk dari segala ucapa syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan kepada masyarakat Desa Kertayu.

“Yang paling utama agar masyarakat Desa Kertayu semakin sejahtera dengan berbagai rezeki yang Allah SWT berikan,” ucapnya.

Senada disampaikan Camat Sungai Keruh, Muhammmad Imron melalui Sekcam Andi Suharto SSTP MSi mengungkapkan, Sedekah Rami ialah salah satu budaya lokal Desa Kertayu yang sampai saat ini masih ada dan akan terus dilestarikan nilai-nilai yang sudah tertanam pada masyakat sejak lama.

“Dengan pelestarian budaya menjadikannya tetap tumbuh ditengah era kemajuan seperti sekarang ini dan tidak pudar nilai-nilainya budaya yang ada,” ujar Andi. (wan)