Menhub: Pemerintah Pusat Sangat Perhatian Dengan Pembangunan di Sumsel

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Ir Budi Karya Sumadi dan Gubernur Sumsel, H Herman Deru bersama Bupati OKU, H Kuryana Azis menjadi narasumber dialog Nasional 39 Indonesia Maju. Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Olahraga (GOR) Baturaja, Sabtu (2/2) sekitar pukul 14.30 Wib ini dihadiri oleh ribuan masyarakat dan mahasiswa.

Pada kesempatan itu Menhub menjelaskan, banyak perhatian pemerintah pusat untuk wilayah Sumsel. Mulai dari pembangunan Light Rail Translit (LRT) hingga pembangunan jalan tol yang sudah bisa dirasakan masyarakat di Sumsel. “Bahkan rencananya kedepan akan dibangun tol sepanjang mulai dari Palembang-Lampung,” jelasnya.

Budi Karya juga memaparkan, sepanjang kepemimpinan Presiden Joko Widodo perkembangan pembangunan jalan tol ditarget sampai 2019 mencapai 1.852 kilometer (KM). Total yang sudah dibangun mulai 2015 sampai-Desember 2018 sudah mencapai 1.127 KM.

Saat diwancarai wartawan, Menhub menjelaskan melalui kegiatan dialog Nasional 39 Indonesia Maju ini ia ingin memberitahukan bahwa Indonesia sudah membangun banyak hal dan ingin pembangunan ini diketahui oleh masyarakat.

“Dan tahun ini semangat kita akan membangun lebih hebat lagi. Sumsel adalah salah satu daerah yang banyak diberi fasilitas investasi dari pemerintah. Oleh karenanya kita bersama gubernur dan bupati masyarakat lebih semangat karena kita memberikan suatu pengertian atau perhatian kepada mereka,” katanya.

Disinggung mengenai wacana pengembangan LRT ke depan kata Budi Karya menjelaskan, kedepan akan terus berusahan meningkatkan penumpang. Subsidi tetap diberikan. Semua kereta masal itu diluar negeri juga disubsidi. “Subsidi tarif pemerintah pusat yang kasih,” katanya.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru menjelaskan, kedatangannya pada kegiatan ini untuk menerangkan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah. Misalnya yang disampaikan Bupati tadi ada bantuan bus dari Kementerian RI.

“Contohnya tadi dijelaskan bapak Bupati mengenai bantuan bus. Kalau tidak ceritakan masyarakat tidak akan tahu. Makanya tadi saya sambung pentingnya ada orang-orang kita di pusat. Misal Palembang/Sumsel punya LRT dan di OKU ada bantuan bus dari Menteri,” kata Deru sembari menceritakan jika Menteri Perhubungan ini orang asli Sumsel. (ags)