Menumpuk di Tepi Jalan dan Cemari Anak Sungai

0
Warga menunjukan tumpukan sampah di aliran anak sungai. (Deni Saputra/fokus-sumsel)
Warga menunjukan tumpukan sampah di aliran anak sungai. (Deni Saputra/fokus-sumsel)

MUARADUA (fokus-sumsel.com) – Tumpukan sampah sisa pembuangan rumah tangga serta kulit buah buahan sejak beberapa hari terakhir ini terlihat menumpuk di beberapa titik tepi jalan kabupaten Pemkab-Jagaraga OKU Selatan.

Selain mengotori lingkungan, keberadaan tumpukan sampah yang ada di pinggir jalan Pemkab-Jagaraga tepatnya di jalan pemkab Jagaraga Desa Bandar Kecamatan Buana Pemaca ini juga tak sedap di pandang mata, terlebih jalan ini merupakan akses lalu lintas kendaraan yang termasuk cukup ramai.

Adi, warga setempat yang rumahnya berada di sekitar lokasi dimana tumpukan sampah tersebut berada menuturkan, selain mulai menimbulkan bau menyengat, sebagian tumpukan sampah yang ada tersebut juga telah mengotori aliran anak sungai yang ada di sekitar lokasi tempat sampah tersebut berada.

“Dibawah lokasi tempat sampah yang dibuang secara sembarangan oleh oknum warga ini ada aliran sungai. Sampah-sampah ini ada yang berjatuhan ke aliran sungai sehingga mengakibatkan aliran anak sungai tersebut menjadi kotor,” terangnya.

Ditemui fokus sumsel terkait hal ini Camat Kecamatan Buana Pemaca, Hairil Anwar SH melalui Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Tarmizi mengungkapkan pihaknya akan mengecek lokasi keberadaan tumpukan sampah yang di buang secara sembarangan di tepi jalan Pemkab-Jagaraga yang masuk wilayah Kecamatan Buana Pemaca tersebut.

“Nanti akan kita cek, apalagi sebentar lagi akan ada acara HUT Kabupaten OKU Selatan yang diperkirakan banyak pejabat luar daerah melewati jalan milik kabupaten itu. Tentu tak elok jika masih terlihat banyak sampah menumpuk di tepi jalan,” ujarnya.

Terpisah Kepala Dinas Lingkungan Kabupaten OKU Selatan, Umar Safari melalui Kepala Bidang Pengendalian Sampah, Eko wahyudi mengaku pihaknya akan segera berkoordinasi ke beberapa pihak terkait guna menindak lanjuti keberadaan beberapa titik tumpukan sampah yang ada di tepi jalan Pemkab-Jagaraga tersebut.

“Kita akan segera melakukan koordinasi, apalagi sampah itu sampai mengotori serta mencamari aliran sungai. Tentunya akan di upayakan untuk di cegah dan ditanggulangi demi untuk kebaikan bersama,” jelas Eko Wahyudi. (den)