Meski Digugat Ke PN, Proses PAW Empat Anggota Dewan OKU Terus Berjalan

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Adanya gugatan empat dari lima anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), OKU ke Pengadilan Negeri (PN) Baturaja, tak mempengaruhi proses Pergantian Antar Waktu (PAW). Proses PAW tetap berjalan, ucap Kabag Hukum dan Persidangan DPRD OKU Alfarizi, saat ditanya wartawan, Selasa (23/10).

Pihaknya kata Alfarizi, sifatnya hanya menunggu hasil Provinsi, sebab semua berkas danbkelengkapanya sudah diberikan ke gubernur melalui Bupati OKU. “Jadi sekali lagi kita tinggal nunggu SK saja,” tegasnya.

Jika sudah selesai jelas Alfarizi, nantinya akan menentukan melalui Banmus untuk menentukan Paripurna.

Disoal adanya gugatan empat anggota Dewan sehingga mengangu proses PAW tersebut, Alfarizi mengaku tidak ada kaitanya, sebab proses tetap berjalan. “Kalau masalah itu tergantung subtansinya bisa iya bisa tidak. Kita sifatnya menunggu SK saja,” tegasnya.

Diketahui empat dari lima anggota DPRD OKU dari partai berbeda menggugat partainya ke Pengadilan Negeri Baturaja. Gugatan tersebut atas dasar ketidakpuasan terhadap PAW yang dilakukan partai.

Keempat anggota Dewan tersebut diantaranya Parwanto dari Partai Amanat Nasional (PAN),  Yudi P Nugraha dari Partai Keadilan Bangsa (PKB), Syahril Elmi dari PKS serta Kamaludin dari PKPI.

Keempat anggota dewan ini menggugat dengan alasan partainya tidak mencalonkan mereka kembali saat Pileg 2019, sehingga mereka terpaksa pindah ke partai yang lain. Sedangkan dalam aturan KPU jika anggota Dewan kembali mencalonkan diri ke legislatif 2019 dengan dengan berganti partai, maka anggota dewan tersebut harus melampirkan surat pengunduran diri dari partai masing-masing.

Sementara itu salah satunya yang menggugat Parwanto saat ditanya enggan berkomentar banyak. “No komenlah, kita ikuti alur saja,” singkatnya. (ags)