Miris, Awalnya Dikira Mayat, Ternyata Gelandangan

0

KAYUAGUNG (fokus-sumsel.com) — Sungguh miris nasib yang dialami Dani bin Aman (30), Warga Rt 04 Dusun Suka Balai, Prabumulih Kota, Kotamadya Prabumulih. Pria ini tergeletak tak berdaya dipinggir jalan raya Tulung Kemang, Kelurahan Tulung Selapan Ulu, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten OKI.

Yang lebih memprihatinkan, kondisi pria yang diduga gelandangan ini tergeletak dengan luka borok pada bagian pantatnya sehingga menimbulkan bau busuk yang menyengat, bahkan sempat dikira mayat dan membuat heboh.

Namun setelah banyak mendapat perhatian dari masyarakat, akhirnya pria tersebut dievakuasi dan dibawa ke puskesmas setempat, bahkan sebelum dibawa pria ini sempat dibersihkan terlebih dahulu, Selasa (25/12).

Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra melalui Kapolsek Tulung Selapan IPTU Jatrat Tunggal Rahcmad, saat dikonfirmasi, Rabu (26/12), membenarkan bahwa pihaknya bersama pemerintah dan puskesmas setempat telah mengevakuasi sosok yang semula diduga merupakan mayat manusia itu.

“Sekitar pukul 12.30 hingga 14.00 Wib kemarin, bertempat di pinggir jalan raya Tulung Kemang, Kelurahan Tulung Selapan Ulu, Kecamatan Tulung Selapan OKI, telah kita lakukan evakuasi terhadap seorang laki-laki (gelandangan) dalam kondisi sakit,” kata Kapolsek.

Sekilas, lanjut Kapolsek, memang tampak bagai sesosok mayat karena laki- laki gelandangan tersebut, sebelum dievakuasi kondisinya sangat memperihatinkan yakni terdapat luka membusuk di bagian dekat anus akibat dari terlalu lama terbaring.

“Akibatnya, luka lecet tersebut semakin lama kian membesar, serta kulit dibagian perut dan paha mengelupas. Laki – laki itu diketahui bernama Dani bin Aman (30), warga RT 04 Dusun Suka Balai, Prabumulih Kota, Kotamadya Prabumulih,” ungkap Kapolsek.

Hasil keterangan sementara, lanjut Kapolsek, laki – laki gelandangan berasal dari kota Prabumulih tersebut hingga sampai ke wilayah Kecamatan Tulung Selapan dibawa oleh orang tak dikenal menggunakan kendaraan pribadi.

“Gelandangan tersebut sudah berada di Puskesmas Tulung Selapan Ilir untuk dilakukan perawatan dan pengobatan. Selanjutnya, pihak Kecamatan Tulung Selapan akan berkoodinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten OKI,”ujar Kapolsek.

“Saat ini anggota Polsek Tulung Selapan dan pemerintah desa setempat masih stanby di Puskesmas Tulung Selapan Ilir,” tegasnya. (febri)