Murid SD 16 Kayuagung Galang Dana Untuk Korban Gempa

0

KAYUAGUNG (fokus-sumsel.com) – Kepedulian terhadap sesama sangat penting ditanamkan sejak anak anak usia dini, hal ini bertujuan membentuk karakter bagi para generasi penerus bangsa yang memiliki jiwa sosial dan perduli terhadap sesama.

Demikian juga yang dilakukan oleh puluhan Murid Sekolah Dasar (SD) Negeri 16 Kayuagung yang menunjukan kepeduliannya menggalang dana kemanusiaan untuk korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala.

Dengan menggunakan seragam putih merah, bocah-bocah kecil ini mendatangi sejumlah tempat di dalam kota kayuagung yang lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat sekolah mereka yang berada di Kelurahan Sida Kersa Kayuagung,

Didampingi gurunya, murid sekolah dasar tersebut meminta sumbangan untuk para korban bencana tersebut, Selasa (9/10).

Fatiah, salah seorang siswi SDN 16 Kayuagung mengungkapkan, aksi kemanusiaan ini mereka lakukan sebagai bentuk solidaritas untuk para korban bencana.

“Iya kak kami turut mengumpulkan donasi untuk membantu para korban gempa dan tsunami,” katanya saat dibincangi wartawan di sela kegiatannya.

Sambil malu-malu, Fatiah berharap agar apa yang mereka kumpulkan ini bisa sampai dan dapat bermanfaat untuk para korban.

“Setidaknya kami bisa memberikan bantuan, kami kasihan dengan saudara-saudara yang ada disana,” tukasnya.

Sementara itu, tokoh pemuda Kabupaten OKI, Jamalludin mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh para siswa SD ini, hal ini untuk memupuk serta mengajarkan kepada anak-anak untuk lebih berjiwa sosial.

“Ketika yang mengumpulkan donasi itu orang-orang dewasa, atau mahasiswa ini merupakan suatu hal lumrah. Tapi ini dilakukan oleh anak SD yang umurnya masih sangat muda, ini sangat penting untuk menumbuhkan jiwa sosial mereka sejak dini,” ujarnya.

Dikatakannya, ditengah zaman globalisasi saat ini pembentukan karakter generasi muda bukan hanya sebatas dalam kegiatan serta proses belajar mengajar semata, tetapi pembentukan budi perkerti yang luhur serta menanamkan nilai-nilai sosial dan kemanusiaan menjadi sangat penting salah satunya dengan kegiatan sosial.

Masih kata Jamal, hal positif seperti ini perlu ditumbuhkembangkan pada anak sejak usia dini agar memiliki kepekaan dan empati terhadap orang lain yang sedang ditimpa musibah.

“Hal-hal seperti ini merupakan salah satu mendidik disamping pendidikan moral serta ahlak yang baik,” tukasnya seraya berharap sekolah-sekolah lain juga dapat memotivasi siswanya meskipun dalam bentuk lain, seperti menyisihkan uang jajan untuk membantu sesama. (feb)