Narkotika Setiap Tahun Meningkat, Kajati: Harus Ada Solusi

0

PALEMBANG (fokus-sumsel.com) — Kepala Kejaksaan Tinggi Sumsel, Ali Mukartono SH MH mengatakan, jika penanganan kasus narkotika di tahun 2018 oleh pihaknya selalu mengalami peningkatan secara masif dan mendominasi sejak tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu disampaikan Ali di sela acara safari ramadhan bersama Forkominda Plus di Lantai 1 Gedung Aula Kejaksaan Tinggi Sumsel, Rabu malam (22/5).

Menurut Ali, hal yang disampaikannya pada forum tersebut adalah bentuk warning ke masyarakat dan unsur-unsur pemerintahan yang hadir. “Perkara narkotika nampaknya selalu mendominasi dibanding perkara lain, bahkan terakhir di tahun 2018 silam mencapai angka 40%. Jelas ini sungguh sangat memprihatinkan dan harus ada upaya lain untuk menekannya,” jelas Ali.

Maksud upaya lain lanjut Ali, adalah tindakan yang lebih mengarah pada tindakan pencegahan oleh pihak lain diluar proses penindakan hukum oleh penegak hukum.

“Dalam penegakan penanganan hukum jelas kami selaku Jaksa tentunya sudah merasa sangat maksimal dan tidak pandang bulu. Dalam hal ini kami tidak main-main lagi dari tingkatan terendah hingga bandar besar kita tangani secara maksimal, bahkan hukuman mati tak segan kita layangkan pada pelakunya,” jelasnya.

Masih kata Ali, dominasi narkotika ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, hal tersebut harus ada pemecahan yang lebih baik sehingga dapat menekan jumlah kasus narkotika yang selama ini terus merangkak naik meskipun sudah maksimal penanganan hukumnya.

“Ini menjadi PR besar bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama untuk instansi yang berkaitan langsung dengan pencegahan agar lebih proaktif menjalankan tindak pencegahan dan perang terhadap narkoba. Masih banyak pintu-pintu lain yang terbuka untuk menekan hal ini, namun harus dimulai dan serius agar hasilnya juga serius,” tegasnya. (yns)