Ngaku Sebagai Polisi, Pelaku Curas Dipelor

PALEMBANG (fokus-sumsel.com) — Pura-pura menjadi polisi, Rian Hidayat (27), warga Jalan Talang Putri Kelurahan Plaju Kecamatan Plaju Darat, nekat melakukan aksi pencurian dengan kekerasan (Curas). Namun apesnya akibat aksi yang dilakukannya, ia pun harus berurusan dengan petugas Unit Ranmor Polresta Palembang, Jumat (10/5).

Tak pelak melihat petugas Ranmor pimpinan Kanit Iptu Novel, sedang melakukan patroli, Rian pun berusaha melawan dan hendak kabur. Ia pun terpaksa dihadiahi petugas dengan timah panas, di betis kakinya sebelah kiri. Lantaran hendak melawan dan kabur saat ditangkap.

Usai melakukan aksinya di BKB (Benteng Kuto Besak). Alhasil setelah dievakuasi ke RS Bari Palembang. Guna mempertanggung jawabkan ulahnya, Rian langsung digiring petugas ke Polresta Palembang.

“Ya ini merupakan TO (Target Operasi) kami yang selama ini kami incar, nah usai melakukan aksinya, kebetulan anggota kita sedang patroli di lapangan, melihat pelaku melakukan aksi, langsung ditangkap petugas unit ranmor,” ujar Kasat Reskrim Yon Edi Winara didampingi Kanit Ranmor Iptu Novel.

Lanjut Yon, dari hasil keterangan pelaku, ketika melakukan aksinya Rian, tak sendiri dan sering melakukan aksinya bersama dua rekannya yakni RC dan BR.” Namun sayang saat itu kedua rekannya berhasil kabur,” katanya.

Atas ulahnya Rian pun diancam pasal 363 KHUP, dengan ancaman kurungan penjara diatas 7 tahun. Sedangkan, Rian mengakui perbuatan sudah 6 kali melakukan aksi ini di kawasan BKB, tepat di pangkalan speedboard. “Kami sering bertiga pak setiap beraksi, RC bertugas mencari korban, saya dan BR bertugas sebagai exsekusinya pak mengambil HP korban,” ungkapnya.

Ketika melakukan aksi, lanjut Rian, kalau korban anak-anak, rekan RC yang mengaku petugas kepolisian, kemudian merazia hp korban. “Dan jika korbannya dewasa, kami berpura-pura kenalan. Lalu saya pinjam HP nya, setelah dipinjamkan kami bawa kabur HP korban,” tukasnya. (yns)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •