Home / Politik / Partisipatif Masyarakat Demi Terwujud Pilkada Damai dan Aman

Partisipatif Masyarakat Demi Terwujud Pilkada Damai dan Aman

Hits: 166

PANGKALAN BALAI (fokus-sumsel.com) — Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Sumatera Selatan terus mensosialisasikan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2018. Upaya ini merupakan sebagai perpanjangan tanganan Banwaslu Pusat dalam bentuk sosialisasi tatap muka kepada stakeholders dan masyarakat.

Sosialisasi Partisipatif pemilih merupakan upaya yang bertujuan mencegah potensi pelanggaran pemilu secara massif. Sebagai tuan rumah kali ini Kabupaten Banyuasin mendapat kebagian pertama mengelar acara tersebut.

Diutarakan Ketua Panwaslu Banyuasin Iswadi S.pd bahwa, sosialisasi tatap muka kepada stakeholders dan masyarakat bertujuan untuk mensosialisasikan cara melakukan pengawasan. Papar Iswadi, dalam pidatonya bertempat di alun – alun kota Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin Sumsel, Senin (12/3)

Panwaslu perpanjang tanganan dalam penanganan pelanggaran pada penyelenggaraan Pemilihan, khususnya nanti untuk pemilihan Bupati dan wakil bupati

Sosialisasi ini dimaksudkan memiliki sasaran utama agar penyelenggara dan masyarakat dapat membangun suasana damai demi terciptanya suasana tertib dan aman.

“Tentunya kami berharap dengan dilakukanya kegiatan sosialisasi yang digagas oleh Bawaslu dapat menjadikan suasana yang kondusif pada penyelengaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, serta bisa terwujud dengan damai dan aman,” ujarnya

Tambah Iswadi, dalam mencegah terjadinya pelanggaran pemilu dibutuhkan tidak hanya peran penyelenggara namun peran serta partisipasi masyarakat dalam mengawasi tahapan hingga proses rekapitulasi yang merupakan bagian utama dalam penyelenggaraan pemilu demi mewujudkan permilu langsung, umum, bebas dan rahasia. “Jelas tidak ada artinya Panwaslu tanpa ada campur tangan masyarakat dan semua stakeholder,” kata dia

“Karenanya kita melakukan pendekatan persuasif dan berharap pemilu bukan hanya tanggung jawab penyelenggara namun sukses pemilu adalah tanggung jawab bersama,” ujarnya.

Panwaslu dalam melakukan tugas pengawasan pemilu, masih mengutamakan srategi pencegahan ketimbang penindakan. Karena lebih baik mencegah, dari pada menindak yang terjadi. Sebab dengan dilakukan pencegahan potensi pelanggaran diharapkan dapat secara dini diminimalisasi apapun bentuk pelanggaranya.

“Perlu diketahui Panwaslu dan jajaranya tetap mengutamakan fungsi pencegahan dari penindakan. Fungsi pencegahan tersebut dimaksudkan sebagai memberi informasi kepada masyarakat terhadap potensi pelanggaran tentunya sebagai menyukseskan pilkada dan menjadi barometer pelaksanaan pilkada serentak yang baik tanpa kecurangan,” ujarnya

Adapun ajakan kepada para pemilih pemula agar berpartisipasi aktif mengawal integritas pelaksanaan pemilu karena tanpa andanya partisipasi pemilih muda demokrasi hanya ruang hampa untuk menentukan masa depan bangsa.

“Khususnya generasi muda adalah bagian penting dari proses pemilu, karena 30 persen pemilih merupakan pemilih muda atau pemula. Tentunya kepada generasi muda masa depan bangsa ditentukan oleh generasi muda,” ujarnya

Sementara Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel Junaidi SE mengatakan, Keterbatasan personal, serta daya dukung dan kewenangan pengawas Pemilu membuat partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilihan kepala daerah sangatlah dibutuhkan.

Menurutnya dengan pengawasan partisipatif akan menutup kekurangan pengawas Pemilu dalam mengawasi seluruh aspek dan tahapan pemilihan.”Nah, mendorong partisipasi masyarakat dengan membangun kepedulian bersama bahwa pilkada adalah milik bersama. Sukses atau tidaknya pilkada ditentukan partisipasi masyarakat,” ujarnya

Ini kabupaten dan kota yang melaksanakan Pemilihan umum serentak pada tanggal 27 Juni 2018 di Provinsi Sumatera Selatan terdapat pemilihan Kepala Daerah (Gubernur) Provinsi Sumatera Selatan, 4 pemilihan Kepala Daerah (Walikota) Kota Lubuklinggau, Pagar Alam, Prabumulih dan Palembang serta 5 pemilihan Kepala Daerah (Bupati) Kabupaten Muara Enim, Empat Lawang, Banyuasin, Lahat dan Ogan Komering Ilir.  (den)

About fokusmediaku

Baca Juga

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD OKU Tahun 2019-2024

Hits: 104   UNTUK INFORMASI LEBIH JELAS, SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI: DCT DAPIL 1 …