Pasien Positif Corona di OKU Bertambah Tiga Orang

0

BATURAJA – Jumlah pasien positif terinfeksi Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten OKU kini bertambah lagi tiga orang sehingga total keseluruhannya kini menjadi enam orang. Namun berbeda dari tiga pasien sebelumnya yang mengalami batuk dan pilek, khusus tiga pasien yang baru ini masuk dalam katagori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Satgas Penanganan Virus Covid-19, Rozali SKM, saat press rilis di gedung Sanggar Kesenian Baturaja (SKB), Minggu (19/04).

Rozali menjelaskan, meskipun hasil swab positif ketiga pasien itu baru diketahui kemarin sore, namun ketiganya dipastikan sudah melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Ketiganya tanpa gejala dan kemarin sekitar pukul 16.00-17.00 WIB sudah kita jemput di rumah masing-masing untuk diobservasi di Hotel Baturaja,” kata Rozali.

Rozali mengatakan, ketiga pasien dimaksud adalah Tn ER (56), Ny V (30) dan Ny Y (43). Pasien baru tersebut merupakan orang-orang yang terkait erat dengan pasien positif sebelumnya yakni pasien 01 dan 03. Atau pasien dengan inisial HS (pasien 01) dan R (pasien 03) yang telah diisolasi di RSMH Palembang hingga saat ini.

“Kita tidak menutup-nutupi memang ada tiga warga OKU yang baru dinyatakan positif corona. Setelah kita menerima hasil laboratorium, ketiga warga tersebut langsung kita jemput di rumah masing-masing,” jelas Rozali.

Rozali menegaskan, sebelum hasil tes swab ketiganya dinyatakan positif, Er, Ny V dan Ny Y sudah disuruh Dinkes OKU untuk melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing. “Mereka masuk OTG dan melakukan observasi di rumah masing-masing sebelum hasil swab mereka dinyatakan positif. Sekarang sudah diobservasi di Hotel Baturaja,” tambahnya.

Rozali menyampaikan pesan Bupati OKU Kuryana Azis agar masyarakat tidak perlu panik menghadapi situasi sekarang.

Bupati meminta supaya masyarakat tetap mematuhi aturan pemerintah dan pihak berwajib. Kemudian menjaga kebersihan dan kesehatan diri serta lingkungan dengan pola hidup bersih dan sehat. Selalu menggunakan masker dan sering-sering mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas.

“Kita doakan warga yang sedang dirawat karena positif corona sekarang segera lekas sembuh. Demikian juga kita seluruhnya selalu sehat dan terhindar dari wabah ini. Cukup sampai enam orang ini saja mudah-mudahan tidak bertambah lagi,” katanya.

Satgas Covid-19 OKU mengimbau juga agar masyarakat tidak memandang kasus ini sebagai aib penderitanya. Justru sebaliknya kita harus saling mensupport satu sama lain agar wabah ini segera berlalu.

“Ini bukan aib karena ini adalah wabah yang terjadi seluruh dunia. Mari kita putus mata rantai penyebarannya. Tetap menjaga jarak dengan social distancing dan phsycal distancing,” tegas Rozali.

Sekedar tambahan informasi bahwa Tn ER adalah sopir travel yang sering ditumpangi pasien 03 sementara Ny Y merupakan asisten pasien 03 ditempat prakteknya, sedangkan Ny V adalah pembatu rumah tangga pasien 01 dan sudah dilakukan contact tracing. (kie)