PDAM OKU Imbau Warga Hemat Gunakan Air Bersih

0
Direktur PDAM OKU, H Abi Kusno.

BATURAJA – PDAM Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengimbau warga khususnya para pelanggan di wilayah setempat agar menghemat penggunaan air bersih menjelang musim kemarau.

Direktur PDAM OKU, Abi Kusno melalui Kasubsi Humas, Elfanco, Sabtu (05/09) menyampaikan bahwa memasuki musim kemarau tahun ini kapasitas produksi air bersih milik perusahaan daerah setempat tersebut mengalami penurunan rata-rata 20 persen.

Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada seluruh pelanggan agar dapat menghemat penggunaan air bersih selama musim kemarau.

Adapun kapasitas pelayanan produksi yang mengalami penurunan meliputi Unit PDAM Induk, UP Bakung, UP Tanjung Baru, UP Tanjung Agung, UP Batu Kuning, LKK Lubukraja, LKK Penyandingan, LKK Lubuk Batang dan LKK Tanjung Lengkayap.

Dia menjelaskan, penurunan kapasitas produksi ini disebabkan karena debit intake sumber air baku dari Sungai Ogan mengalami pendangkalan saat musim kemarau.

“Air sungai yang mulai dangkal menyebabkan motor pompa penghisap intake PDAM mengalami penurunan daya hisap,” jelasnya.

Ia mengakui, pihaknya telah berupaya melakukan pengerukan lumpur dan sampah yang berada di sekitaran pipa hisap serta di bawah ponton apung milik PDAM di masing-masing unit pelayanan.

“Upaya pengerukan lumpur dan pembersihan sampah ini agar tidak mengganggu produksi air bersih yang disalurkan ke pipa pelanggan,” ujarnya. (kie)