PDAM OKU Usulkan Pembangunan Tiga IPA

0
Dirut PDAM OKU, H Abi Kusno

BATURAJA – Untuk memperluas distribusi air bersih, PDAM OKU mengusulkan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di beberapa titik.

Usulan tersebut dikatakan Direktur PDAM OKU H Abi Kusno, tidak hanya menyasar ke Dinas Perkim OKU, tetapi juga ke Kementerian PUPR melalui Satuan Kerja (Satker) Balai Sarana dan Prasarana Pemukiman provinsi Sumsel.

“Ada tiga usulan. Satu usulan ke Perkim OKU dan dua usulan ke kementerian melalui Satker Provinsi Sumsel,” ujar Abi, Senin (12/10).

Usulan yang disampaikan ke Dinas Perkim OKU berupa pembangunan IPA untuk menambah fasilitas pengolahan di UP Tanjung Baru, kecamatan Baturaja Timur. “Usulan untuk pembangunan tahun depan dengan bentuk bisa seperti dermaga atau ponton,” jelasnya.

Sementara usulan pembangunan IPA yang diajukan ke Satker, dijelaskan Abi, untuk pembangunan IPA di kecamatan Peninjauan dan kelurahan Sekarjaya. Dua IPA tersebut, dijelaskan Abi, berkapasitas berbeda.

“IPA Peninjauan kapasitas 20 liter/detik, dan IPA Sekarjaya berkapasitas 60 liter/detik,” jelasnya.

Besarnya kapasitas IPA di Sekarjaya yang diusulkan, menurut Abi, karena perkembangan kota mengarah ke kelurahan Sekarjaya. Sehingga diperlukan ketersediaan air bersih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan warga.

“Pembangunan perumahan cukup banyak. Saat ini kebutuhan air belum dapat dipenuhi secara maksimal karena keterbatasan kapasitas yang ada,” tandasnya.

Dirinya menargetkan 5.000 sambungan pelanggan baru untuk di Kelurahan Sekarjaya, dan 1.600 sambungan di Kecamatan Peninjauan. (kie)