Peduli Peningkatan Kompetensi Jurnalis, Bupati OKI Diganjar Reward

0
Ketua Umum DPP IWO, Jodhi Yudono menyerahkan reward kepada Bupati OKI, H Iskandar SE, diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda OKI Drs H Zulkarnain, di sela-sela pembukaan seminar literasi digital, di Kayuagung, Kamis (21/7). Foto: Febri Saleh

KAYUAGUNG – Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) H Iskandar, SE., dianugerahi penghargaan (reward) sebagai kepala daerah berdedikasi dan peduli terhadap peningkatan kompetensi jurnalis.

Penyerahan reward diberikan langsung Ketua Umum DPP Ikatan Wartawan Online (IWO) Jodhi Yudono kepada Bupati OKI H Iskandar, SE., diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda OKI Drs H Zulkarnain, di sela-sela pembukaan seminar literasi digital, di Kayuagung, Kamis (21/7).

“Saya atas nama IWO mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati OKI atas dedikasinya terhadap peningkatan kapasitas jurnalis di daerah ini,” ujar Ketua Umum DPP IWO Jodhi Yudono.

Menurut Jodhi, kualitas wartawan jadi suatu kebutuhan dan sangat penting, juga menjadi tolok ukur seorang dalam menulis berita dan pemahaman UU Pers serta kode etik jurnalistik.

“UKW merupakan suatu proses menuju wartawan yang profesional dan menghasilkan karya bermanfaat bagi masyarakat. Terimakasih atas dukungan Bupati OKI,” terangnya.

Jodhi berharap sinergitas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI dengan organisasi profesi wartawan dapat semakin mantap dan terjaga dalam menyampaikan informasi ke masyarakat.

Sementara itu, Bupati OKI H Iskandar, SE., melalui Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda OKI Drs H Zulkarnain mengatakan peran pers semakin dibutuhkan sebagai agen cek and balances bagi para penyelenggara pemerintahan dalam pelaksanaan pembangunan.

“Pemberitaan pers yang kritis perlu disikapi dengan bijaksana karena informasi yang disampaikan pers biasanya terukur, akurat dan memberi solusi. Banyak isu-isu yang bisa diatasi pemerintah melalui informasi lengkap dari pers atau media massa,” terangnya.

Dukungan pemerintah daerah terhadap peningkatan kompetensi seluruh wartawan di OKI, kata dia, merupakan upaya untuk melakukan pembinaan terhadap wartawan agar mengedepankan kompetensinya dalam menyampaikan informasi ke masyarakat.

“Tidak terbatas anggota IWO saja, tentu kegiatan ini untuk seluruh wartawan di OKI khususnya dan Sumsel pada umumnya,” jelasnya. (feb)