Pelaku Begal di Petir Ditangkap, Satu DPO

0

KAYUAGUNG – Tim Macan Komering Polsek Pedamaran Timur (Petir) dan Polres OKI berhasil meringkus pelaku begal yang kerap beraksi di wilayah hukum Polsek Petir, Senin (5/8). Pelaku atas nama Dedi bin Saiman (30), warga Desa Pulau Geronggang Kecamatan Petir. Sementara rekannya Hendra (20), warga yang sama masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Informasi dihimpun, penangkapan terhadap tersangka berawal dari laporan keuangan Sukarmi binti Donorejo (51), warga Desa Ruktiharjo RT 03 RW 02 Kecamatan Seputih Rahman Kabupaten Lampung Tengah.

Kapolres OKI, AKBP Donni Eka Syaputra melalui Kapolsek Petir, Ipda Panca Mega Surya,  mengatakan, peristiwa penodongan tersebut terjadi Senin (20/5) sekitar pukul 12.30 WIB.

Saat itu korban Sukami dibonceng oleh menantunya yang bernama Effendi menggunakan sepeda motor menuju ke tempat Yasminah di Desa Maribaya Kecamatan Petir.

“Saat melintas d jalan poros PT Hikmah dua, tiba tiba pelaku Dedi yang dibonceng Hendra (DPO) menggunakan sepeda motor Revo memepet dan berusaha menghentikan sepeda motor yang dikendarai korban, namun korban tetap melajukan sepeda motornya,” kata Kapolsek, Selasa (6/8).

Kemudian kedua pelaku kembali mengejar sepeda motor korban lalu sepeda motor pelaku dihadangkan ke sepeda motor korban. Namun korban tetap melajukan sepeda motornya. Karena tidak berhenti kemudian sepeda motor korban diikuti sampai di rumah Yasminah.

Sampai di rumah Yasminah, pelaku Dedi turun dari motor dengan membawa parang meminta tas selempang yang dibawa korban Sukarmi.

Lalu tas korban tersebut dirampas oleh Dedi, kemudian uang tunai yang ada di dalam tas milik korban sebesar Rp1,8 juta diambil pelaku. “Setelah berhasil membawa uang milik korban, pelaku pergi bersama rekannya dengan menggunakan sepeda motor,” ucap Kapolsek.

Setelah berhasil mengidentifikasi pelaku, Kapolsek bersama tim Macan Komering langsung bergerak menuju tempat pelaku Dedi dan langsung melakukan penangkapan.

“Pelaku ditangkap tanpa perlawanan, kemudian langsung dibawa. Saat ini pelaku dan barang bukti telah diamankan di Polsek Petir guna dilakukan proses penyidikan. Sementara pelaku lain dalam pengejaran petugas,” terangnya. (feb/gani)