Pelaku Pembunuhan di Banyuasin Ditangkap

BANYUASIN (fokus-sumsel.com) — Andina (41) dan Sunarko (27), dua orang pelaku pengeroyokan dan penganiayaan hingga dua korban meninggal di halaman depan showroom Rizki Motor Jalan Palembang-Jambi Kelurahan Rimba Asam, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, berhasil ditangkap.

Pembunuhan ini diduga terkait kesalahpahaman dan cekcok terkait sewa ruko. Berdasarkan laporan nomor LP/B-16/V/2019/SUMSEL/Res BA/SEK BTG, pada Sabtu (11/5) pukul 17.30 WIB, korban diketahui bernama Suparman Jaya dan Jamudin mengalami pengeroyokan dan penganiayaan menyebabkan korban meninggal dunia.

Pelaku Andina (41), warga Jalan Taja Raya LK III Rt 27 Kelurahan Rimba Asam, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin; dan Sunarko (27), Desa Puri Air Senda, Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin telah diamankan di Mapolres Banyuasin. Sedangkan pelaku lainnya masih dalam pengejaran.

Kapolres Banyuasin, AKBP Yudhi Markus Pinem, melalui Kompol Hadi Wijaya, mengungkapkan motif para pelaku berawal dari kesalahpahaman dan terjadi cekcok mulut terkait kontrakan ruko.

“Pelaku sempat melarikan diri ke Lempuing dan pelaku satunya menyerahkan diri ke Polres Banyuasin. Motifnya kesalahpahaman,” ungkapnya, Jumat (17/5).

Pasal yang dikenakan untuk para pelaku yakni pasal 338 KUHP dan atau pasal 170 ayat 2 ke 3 KUHP dan atau pasal 351 ayat 3 KUHP dengan ancaman penjara 15 tahun penjara. “Mudah-mudahan kejadian ini tidak terulang lagi,” harap dia.

Barang Bukti yang diamankan, 1 (satu) Pasang Sandal merk Adidas warna biru. 1 (satu) pasang sandal merk Swalow warna putih. 1 (satu) pasang sandal merk Gats Warna hitam; 1 (satu) buah sarung pisau warna hitam; 1 (satu) buah kopiah warna hitam;1 (satu) helai celana panjang warna hitam bercak darah; 1 (satu) helai baju kemeja warna biru mprk posboy yang ada bercak darah. 1 (satu) helai celana pendek warna coklat yang ada bercak ‘darah; 1 (satu) buah celana dalam warna biru yang ada bercak darah.

Diketahui, Sabtu pelaku dan kedua korban bertemu membicarakan Ruko yang disewakan pelaku dari korban dengan jangka waktu lima tahun. Belum lima tahun berjalan, pemilik ruko yakni korban meminta Andina mengosongkan Ruko karena telah dijual. Kemudiand terjadi adu mulut hingga berujung pembunuhan. (sub)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •