Pemilihan BPD Damarpura Diulang

0
Camat Buana Pemaca, Hairil Anwar SH
Camat Buana Pemaca, Hairil Anwar SH

MUARADUA (fokus-sumsel.com) – Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) melalui pihak Kecamatan Buana Pemaca beeserta Pemerintah Desa dan Jajaran Panitia Pemilihan Anggota Badan Permusyawarahan Desa (BPD) dalam beberapa hari kedepan akan melaksanakan pemilihan ulang anggota BPD di desa Damarpura.

Pemilihan ini sendiri bakal dilakukan secara langsung dan demokrasi oleh masyarakat yang ada di desa Damarpura. Demikian diungkapkan Camat Kecamatan Buana Pemaca, Hairil Anwar SH, Kamis (14/1).

Langkah ini ujarnya dilakukan setelah pihaknya melakukan mediasi bersama Pemerintah Desa ,Tokoh Masyarakat, Panitia Pemilihan serta perwakilan puluhan warga yang protes terkait pemilihan BDP di desa setempat yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Menurut Camat Hairil, dilakukan mediasi tersebut memang bertujuan untuk menyikapi adanya protes puluhan warga desa Damarpura terkait pemilihan anggota BPD yang telah diaksanakan Pemerintah Desa beserta panitia BPD desa Damarpura saat ini.

“Untuk keanggotaan BPD di desa Damarpura yang telah ada saat ini akan dilaksanakan pemilihan ulang,” tutur Camat saat di bincangi di kantornya.

Sementara itu mengenai akan adanya Pemilihan kembali atau ulang  bagi anggota BPD di desa Damarpura, hal ini dibenarkan oleh  Basri Wawi selaku Ketua Panitia Pemilihan BPD Desa Damarpura.

“Sesuai hasil kesepakatan bersama pihak kecamatan, pemerintah desa, beberapa tokoh masyarakat sekaligus dari perwakilan puluhan warga yang melakukan protes maka akan kita laksanakan pemilihan ulang dan secara langsung oleh masyarakat,” ujar Basri.

Dirinya mengatakan direncanakan pemilihan ulang serta langsung anggota BPD oleh masyarakat Damarpura tersebut akan di adakan pada tanggal 18 Februari 2019.

Menurut Basri pihaknya saat ini telah membuka pendaftaran untuk calon Anggota BPD bagi masyarakat desa Damarpura yang ingin mencalonkan diri.

Sementara Joni Antarobi, salah satu perwakilan warga yang hadir saat mediasi, menyambut baik rencana akan di adakannya pemilihan ulang serta langsung oleh masyarakat anggota BPD di desanya tersebut.

Selain mendukung, dirinya berharap pemilihan Anggota BPD tersebut benar benar terlaksana serta berjalan dengan baik demi terus terjaganya kehidupan berdemokrasi di tengah masyarakat yang ada di desa Damarpura. (den)