Pemkab Muba Akan Tambah 5000 Jaringan Gas Rumah Tangga

0

SEKAYU (fokus-sumsel.com) – Plt Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi mengatakan pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba akan memperluas jaringan gas bumi ke rumah tangga dengan mengajukan penambahan 5000 jaringan gas ke Kementrian energi dan sumber daya mineral (ESDM) Ripublik Indonesia.

Selain itu, ia juga meminta PGN Solution selaku pengelola jaringan gas bumi ke rumah tangga di Kabupaten Muba segera mempercepat pendistribusiannya sehingga masyarakat bisa menikmati gas alam yang relatif lebih hemat/murah dibandingkan penggunaan tabung LPG.

“Kami berkeinginan pelayanan gas ini segera dinikmati masyarakat dan pemkab Muba akan memperluas jaringannya dengan mengajukan penambahan 5000 jaringan gas ke Kementrian ESDM,” ujar Beni saat bertemu dengan pihak Perusahaan Gas Negara (PGN) di Bappeda Muba, Senin (16/4).

Jelas Beni, Jaringan gas bumi untuk rumah tangga sebanyak 6.031 pelanggan yang dibangun secara gratis oleh kementerian ESDM tahun lalu telah mulai didistribusikan.

“Sejak tanggal 22 Maret 2018 gas bumi untuk rumah tangga telah mulai didistribusikan di sektor Randik dan Villa Bukit Sejahtera sebanyak 490 SR sudah menikmati dan akan berjalan terus pendistribusiannya ke pelanggan,” paparnya.

Lanjutnya, terkait adanya laporan masyarakat tentang pungutan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab pada proses pemasangan.

Beni menegaskan tidak ada pembebanan biaya alias gratis saat Konversi kompor ke pelanggan tetapi jika ada pergantian selang (tidak layak) akan dikenakan biaya. ia mengajak masyarakat agar mensukseskan program ini, sebab, selain mewujudkan Kabupaten Muba Go Green, hal ini merupakan pembangunan hijau yang berkelanjutan.

“Kita buat surat edaran agar informasi di masyarakat tidak simpang siur, mari kita sukseskan pemasangan jaringan gas bumi untuk rumah tangga dalam rangka mewujudkan Muba go green dan pembangunan hijau berkelanjutan,”
pungkasnya. (wan/CS)