Pemkot dan Polrestabes Palembang Bentuk Kampung Tertib Lalulintas di IB II

0
Pemkot dan Polrestabes Palembang bersinergi dengan membentuk Kampung Tertib Lalulintas, di Kawasan Bukit Permai, Makrayu Kecamatan Ilir Barat II Palembang, Selasa (28/6). Foto: Erik Agustino

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) dan Polrestabes Palembang bersinergi dengan membentuk Kampung Tertib Lalulintas, di Kawasan Bukit Permai, Makrayu Kecamatan Ilir Barat II Palembang, Selasa (28/6).

Kampung Tertib Lalulintas itu dilaunchingn Sekda Palembang, Drs Ratu Dewa bersama Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mukhammad Ngajib, guna mewujudkan kesadaran masyarakat berdisiplin dalam berkendara dan menciptakan situasi aman di jalan raya. “Ini program baik bagi masyarakat terkait akan pentingnya berkendaraan dengan tertib demi keselamatan bersama,” kata Sekda Kota Palembang Ratu Dewa.

Sebagai bentuk edukasi, masih kata dia, dikawasan pemukiman warga ini terlihat berbagai spanduk tertulis ajakan untuk selalu tertib berlalulintas.

Sekda beralasan dipilihnya kawasan ini lantaran tingginya kesadaran masyarakat akan keamanan dijalan raya saat berkendara.

Sementara itu, Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mukhammad Ngajib mengatakan, kesadaran dalam tertib berlalulintas harus dimulai dari hal kecil. “Dari hal kecil dulu mulai belajar untuk tertib berkendara dari kampung hingga ke jalan raya,” terang Kapolrestabes Ngajib.

Tak hanya di kawasan Ilir Barat II saja, Kampung Tertib Lalulintas juga tersebar di 14 kecamatan di Kota Palembang.

Ngajib meminta kepada Pemkot Palembang dapat memberikan aturan terkait tertib berkendara hingga ke kampung. “Dari seluruh kecamatan yang ada di Kota Palembang, sudah ada 14 Kampung Tertib Lalulintas memberikan edukasi akan pentingnya tertib berlalulintas,” paparnya.

Ngajib berharap dengan diresmikannya Kampung Tertib Lalulintas ini dapat memberikan kesadaran bagi masyarakat akan keselamatan dalam berkendara. “Semoga dengan gerakan ini dapat mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan dalam berkendara,” imbuhnya. (rik)