Pencuri Mobil Tak Berkutik Setelah Kakinya Ditembak Petugas

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Bahri (45) warga Desa Tanjung Payang Kecamatan Dempo Utara Kabupaten Pagaralam salah satu dari tiga orang pelaku pencurian mobil di Pasar Atas Baturaja yang terjadi pada Minggu (20/1) lalu, keok dan tak berkutik setelah kakinya diterjang timah panas polisi lantaran melakukan perlawanan saat akan ditangkap Satreskrim Polres OKU.

Tersangka ditangkap polisi di kawasan Semende Kabupaten Muara Enim saat akan melarikan pick Up L 300 milik korbannya Merry (35) warga Jalan Akmal Pasar Atas Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Baturaja Timur.

Kapolres OKU, AKBP NK Widayana Sulandari didampingi Kasat Reskrim AKP, Alex Andriyan, saat dikonfirmasi Selasa (29/1), mengungkapkan, pencurian tersebut terjadi pada Minggu (20/1) dini hari.

Saat itu aksi para pelaku kepergok oleh korbannya sekitar pukul 05.50 Wib saat sedanf membuka tokonya dan melihat mobil miliknya sudah tidak ada ditempat.

Mengetahui hal tersebut lanjut Kapolres, korban melapor ke Polres OKU dengan laporan polisi nomor LP / B / 11/ I / 2019 / sumsel / Res. Oku tanggal 20 Januari 2019, dalam laporan tersebut korban kehilangan kendaraan roda empat jenis Pick Up Mitsubishi L 300 BG 9107 FG yang diparkir di depan toko milik korban.

Dari laporan tersebut, polisi kemudian langsung melakukan penyelidikan dengan memeriksa lokasi tempat kejadian perkara, rekaman Kamera Pengawas CCTV serta penyisiran disejumlah lokasi, kemudian pada minggu petang polisi mendapat informasi jika mobil tersebut sudah berada di daerah Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim.

Tak ingin pelaku kabur lebih jauh, polisi kemudian melakukan pengejaran ke Kabupaten Muara Enim, namun tersangka yang mengetahui jika dirinya di buru Polisi langsung kabur hingga tersangka di dikejar hingga kecamatan Semende. Saat akan dibekuk, tersangka tetap melakukan perlawanan hingga polisi terpaksa melepaskan tembakan untuk melumpuhkan tersangka.

“Tersangka berhasil kita bekuk setelah kakinya kita lumpuhkan dengan timah panas, dari hasil pemeriksaan tersangka tidak sendirian, melainkan saat beraksi dilakukan bersama tiga orang lainnya yakni IN dan DI keduanya merupakan warga Pagaralam,”jelasnya.

Namun dua tersangka tersebut berhasil kabur menggunakan mobil Kijang kapsul warna Biru, kedua tersangka tersebut kabur kearah Kecamatan Muncak Kabupaten Lahat dan saat ini masih dalam pengejaran polisi dan masuk kedalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Selain mengamankan tersangka polisi juga mengamankan barang bukti mobil Pick Up L300 milik korban serta kunci letter T. Para tersangka mencuri mobil korban dengan cara merusak kunci pintu samping sopir dan menjebol kunci kontak dengan menggunakan kunci letter T kemudian kabur kearah Muara Enim.

Polisi masih mengembangkan kasus tersangka yang diduga merupakan pemain lama dalam kasus pencurian kendaraan tersebut, tersangka akan di jerat dnegan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara.

“Kita masih akan kembangkan kasus tersangka dan mengejar pelaku lainnya, untuk tersangka akan kita jerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman diatas lima tahun penjara,” tegas Kapolres. (ags)