Home / Pendidikan / Penggunaan Dana BOS Harus Sesuai Dengan Juknis dan Juklaknya

Penggunaan Dana BOS Harus Sesuai Dengan Juknis dan Juklaknya

Hits: 206

KAYUAGUNG (fokus-sumsel.com) — Terkait penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksanaan (juklak) BOS 2018 yang telah diatur oleh pemerintah pusat.

Oleh sebab itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengadakan sosialisasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi Kepala sekolah (Kepsek) dan bendahara di wilayah Kabupaten OKI, kemarin.

Kepala Disdik OKI, H Masherdata Musa melalui Kepala Sub Bagian (Kasubag) Perencanaan, Ali Rahman Kadir SPd mengatakan, bahwa penggunaan dana BOS harus sesuai dengan juknis dan juklak BOS 2018 yang sesuai dengan aturan pemerintah, seperti laporan perencanaan secara online dan dapat dipertanggung jawabkan oleh Kepala Sekolah(Kepsek) serta bendahara.

Dirinya menghimbau, dengan adanya kegiatan ini diharapkan penggunaan dana BOS dapat tepat pada sasaran serta pertanggung jawaban keuangannya tertib administrasi, transparan, akuntabel dan terhindar dari penyimpangan-penyimpangan.

Ali menjelaskan, saat ini pihak sekolah wajib membeli buku sesuai dengan kurikulum yang dipakai serta jumlah sebanyak siswa.

“Untuk penggunaan dana pembelian buku, jangan membeli buku diluar 10 perusahaan yang direkomendasikan oleh Kemendikbud, dan carilah harga terendah atau standar Harga eceran tertinggi (HET) serta dibeli secara online,” tegasnya.

Sementara Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Kota Kayuagung, Gusjang S.Pd menambahkan, kegiatan sosialisasi Dana BOS ini diikuti oleh 37 Kepala Sekolah (Kepsek) dan bendahara SD/MI se Kecamatan Kota Kayuagung.

“Kami selaku UPTD tentunya sangat mendukung dengan adanya kegiatan sosialisasi dan pelatihan tentang cara penggunaan dana BOS, mengingat anggaran dana BOS yang dulu dikelola oleh pemerintah pusat, kini pada tahun 2018 dikelola langsung oleh pemerintah daerah,” tuturnya.

Pihaknya tentunya berharap, seluruh laporan sekolah tentang penggunaan Dana BOS tidak menemui kesulitan dan hambatan, meskipun saat ini diterapkan dalam bentuk laporan secara online.

“Begitu juga harapan kepada Pemerintah Daerah, semoga tidak kewalahan untuk mengurusi penggunaan Dana BOS di seluruh sekolah di Kabupaten OKI,” pungkasnya. (g-feb)

About fokusmediaku

Baca Juga

Kerjakan UNBK di Tempat Tidur, Sekda OKU Rekomendasikan Sandi Masuk SMN5

Hits: 200 BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Sendi Tiara (15), siswi SMP N 09 Tanjung Kemala, Kabupaten …