Pengumuman SBMPTN Serentak di Indonesia

0

PALEMBANG, (fokus-sumsel.com) – Pengumuman resmi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ditayangkan serentak di seluruh Indonesia pada pukul 15.00 WIB, Selasa (9/7) melalui situs resmi.

Ketua Pusat UTBK PTN Unsri, Zainuddin Nawawi di Palembang, Selasa mengatakan, pengumuman SBMPTN dilakukan pada hari ini dan pada tahun ini pihak penyelenggara di daerah tidak mengeluarkan pengumuman secara tertulis seperti biasanya.

Menurut dia, bagi peserta yang lulus sebagai calon mahasiswa baru di Unsri sesuai pengumuman secara nasional pada hari ini (Selasa, 9/7) wajib melakukan pengisian biodata dan data lainnya secara online melalui media internet dengan jujur dan benar.

Kemudian hadir di graha Unsri untuk mengikuti verifikasi data penentuan besaran uang kuliah tunggal (UKT) dengan membawa kelengkapan dan dokumen selanjutnya melaksanakan verifikasi biodata dan data lainnya.

Selain itu, lanjutnya untuk peserta non bidikmisi melakukan pembayaran UKT dengan jumlah yang telah disepakati dan ditetapkan saat verifikasi biodata dan peserta juga wajib melaksanakan registrasi pemeriksaan kesehatan dan narkoba, ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sriwijaya Zulkifli Dahlan mengatakan bagi peserta yang tidak lulus dalam SBMPTN dapat memanfaatkan alternatif lain untuk masuk perguruan tinggi yakni jalur Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB).

Untuk USMB ini pendaftaran pada 22 Juni sampai 15 Juli 2019 dimana ujian tulis program S1 pada 17 Juli dan ujian ketrampilan (penjaskes) pada 18 Juli 2019, jelasnya.

Dalam menyelenggarakan USMB ini, Unsri juga bekerja sama dengan sembilan perguruan tinggi swasta di Sumsel yakni Universitas Bina Darma, Universitas Indo Global Mandiri, Universitas Taman Siswa Palembang, Universitas Tridinanti Palembang, Universitas PGRI Palembang, Sekolah Tinggi MDP, Stisipol Candradimuka, Universitas Sumatera Selatan dan Universitas Katolik Musi Charitas.

Jika sebelumnya, peserta USMB hanya boleh memiliki tiga perguruan tinggi, sekarang ini boleh enam perguruan tinggi. Jadi bisa lebih hemat biaya, tidak mesti mendatangi setiap universitas untuk ikut tes, tuturnya.

Memang sebaiknya, lihat dulu hasil SBMPTN-nya, lulus atau tidak. Jika tidak lulus, ada alternatif lain. Silakan daftar USMB, katanya. (SW)