Penyemprotan Disinfektan, Polrestabes Kerahkan Dua Mobil Water Cannon

0

PALEMBANG – Berbagai cara dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran wabah virus Corona Covid-19 di Palembang. Tidak hanya pemerintah, kepolisian pun turut turun langsung dalam aksi pencegahan.

Untuk mencegah penyebaran virus Corona, Polrestabes Palembang melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah ruas jalan protokol. Penyemprotan ini dilakukan Polrestabes dengan menggunakan mobil Water Cannon sebanyak dua unit.

“Disinfektanisasi atau penyemprotan disinfektan ini untuk membersihkan area umum, sehingga diharapkan dapat mencegah penyebaran virus Corona,” ujar Kabag Ops Polrestabes Palembang, AKBP Eddy, Senin (30/03).

Disinfektanisasi dilakukan di jalan-jalan protokol diantaranya Jalan Jenderal Sudirman, Basuki Rahmat dan R Soekamto. Sebanyak dua unit mobil Water Cannon dikerahkan untuk menyemprotkan disinfektan ke kedua sisi jalan yang dilalui.

Menurut Eddy, penyemprotan disinfektan dilakukan pada sore hari karena mempertimbangkan cuaca yang lebih ideal dibanding tengah hari. Sehingga lebih efektif saat penyemprotan.

“Kita sengaja menyemprotkan disinfektan sore hari karena kalau siang atau tengah hari, dikhawatirkan disinfektan cepat menguap dan tidak menimbulkan reaksi apa-apa pada media atau titik-titik yang disemprot,” jelas Eddy.

Jika dirasa perlu, kata Eddy, disinfektanisasi ini akan rutin dilakukan. “Sesuai arahan Kapolrestabes, kita berkomitmen mencegah penyebaran Covid-19 dengan berbagai cara, sesuai kapasitas dan kemampuan. Kita juga mengimbau kepada masyarakat agar ditunda untuk keluar rumah karena cuaca diluar sedang tidak sehat. Apalagi hanya untuk sekedar nongkrong,” terangnya. (yns)