Per 22 Desember, PN Palembang Terakhir Terima Pengiriman Berkas Perkara

0
Ketua PN Palembang Surachmat SH MH. Foto: Nasuhi Sumanto

PALEMBANG – Pengadilan Negeri Palembang klas 1A khusus memberikan batas waktu pengiriman berkas perkara paling lambat hingga Kamis tanggal 22 Desember 2022 besok.

Ketua PN Palembang Surachmat SH MH mengatakan, bahwa hal itu berkaitan dengan hari keagamaan (Natal) dan tahun baru 2023.

“Bahwa kami sudah menyurati Polda, Polres, Polsek-polsek serta Kejaksaan, terkait batas akhir pengiriman berkas tanggal 22 Desember 2022. Setelah itu kita tidak menerima pengiriman berkas, itu dikarenakan di penghujung akhir tahun, misalnya Penuntut umum cuti, hakim cuti berkaitan dengan hari keagamaan,” ujar Surachmat saat dijumpai, Rabu (21/12/2022).

Surachmat juga menjelaskan, bahwa terakhir berkas diterima pada tanggal 22 Desember 2022 oleh PN Palembang, guna untuk menentukan masa penahanan terdakwa apakah akan diperpanjang oleh hakim.

“Gunanya berkas terakhir diterima pada tanggal 22 Desember adalah untuk menentukan penahanan terdakwa apakah diperpanjang oleh hakim selama 30 hari atau minta perpanjangan kepada ketuanya selama 60 hari,”ucapnya.

Ditambahkannya lagi, PN Palembang menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) tetap bekerja seperti biasa terkecuali hari libur. “Nataru ini PN Palembang tidak libur jam kerja kok, kecuali hari libur ya,” tutupnya. (yns)