Pertamina Ajak UMKM Binaan ikut Pelatihan Foto Produk Genjot Omset

0

PALEMBANG, (fokus-sumsel.com) – Dimasa pandemi Covid-19,  Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dituntut  lebih kreatif dalam memasarkan produknya, di berbagai jaringan pasar online yang kian menjamur.

UMKM harus mulai memanfaatkan jalur pemasaran digital, ketika model pemasaran tradisional mulai sepi peminat, karena masyarakat masih enggan keluar rumah di saat pandemi Covid-19.

Agar mampu bersaing di pasar online, UMKM harus bisa menampilkan gambar produk yang menarik minat konsumen.
Karena itu, Pertamina menggandeng Pewarta Foto Indonesia (PFI) memberikan pelatihan foto, bagi seluruh mitra binaan UMKM Pertamina dalam pelatihan fotografi produk.

Kegiatan ini diikuti oleh sembilan mitra binaan Region Sumbagsel dari Palembang, Lampung dan Musirawas. Pelatihan secara online tersebut, diisi oleh narasumber Melly Sari dari PFI yang  dibuka oleh VP CSR & SMEPP Arya Dwi Paramita.

“Dengan kamera smartphone kita bisa berkreasi serta memaksimalkan peralatan yang ada, sehingga tidak perlu  lagi menggunakan kamera mahal seperti DSLR. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi pendukung editing foto yang mempermudah kita”, jelas Melly Sari.

Bagi Nesya, salah satu peserta asal Palembang, pelatihan ini sangat bermanfaat sebagai sarana promosi. “Ternyata usaha barbershoppun bisa dipromosikan di akun media sosial, asalkan kita bisa mengemasnya,”ujar pemilik Barbershop Elmidas Barber Nesia ini.

Hal senada dirasakan Kiagus B. Fikri, pengusah songket Fikri Koleksi. Baginya, salah satu ilmu yang didapat adalah bagiamana memaksimalkan telepon genggam, sebagai sarana foto produk, sehingga bisa mendapatkan hasil gambar yang maksimal.

Region Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf menyampaikan, kegiatan ini sebagai upaya Pertamina dalam mendorong  potensi ekonomi  UMKM sebagai penggerak perekonomian bangsa.

“Pertamina terus mendukung mitra binaannya, dalam mengembangkan peluang bisnis dan pemasaran di masa pandemi, agar tetap eksis dan tahan banting,” katanya. (SW)