Pertamina Siapkan Tim Satgas Layani Penerbangan Haji 2019

0

PALEMBANG, (fokus-sumsel.com) –
Pertamina menyiapkan Tim Satuan Tugas (Satgas) guna memberikan pelayanan yang optimal untuk penerbangan haji 2019 melalui embarkasi Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

General Manager (GM) Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel, Primarini di Palembang, Rabu mengatakan, pada musim haji tahun ini ada 19 penerbangan yang akan dilayani melalui embarkasi Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Oleh karena itu, disiapkan tim Satgas untuk memberikan pelayanan optimal dan tim ini sudah mulai bertugas sejak penerbangan perdana pada 7 Juli sampai 4 September 2019.

“Pertamina bangga menjadi bagian dari pelayananan para jamaah haji ini, khususnya yang terbang melalui embarkasi SMB II Palembang,” katanya.

Ia menyatakan, Pertamina akan terus memastikan ketersediaan stok dan pelayanan terbaiknya untuk tamu-tamu Allah. Pada tahun ini, Pertamina telah menyiapkan 12 orang yang telah bersertifikat Refuelling Operator dengan kesiapan 8 refueller.

Setiap tahunnya Pertamina terus mengoptimalkan tim yang bertugas serta sarana dan fasilitas pendukung, seperti halnya penambahan sertifikasi tim yang bertugas sebagai Refuelling Operator, tahun ini bertambah dari 8 orang pada 2018 sekarang menjadi 12 orang, jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, dengan adanya penerbangan haji yang dimulai pada 7 Juli hingga 4 September 2019 menghasilkan peningkatan konsumsi avtur mencapai 50 persen jika dibandingkan dari rata-rata konsumsi normal pada bulan Juli tahun lalu.

“Total 3100 KL avtur telah disiapkan untuk melayani 19 kloter pada penerbangan haji tahun ini, sama seperti tahun 2018. Kami mendoakan semoga perjalanan para jemaah haji lancar dan mendapatkan berkah,” ujarnya.

Adapun jadwal penerbangan haji tahun ini yang terbang melalui SMB II Palembang, dibagi menjadi 2 fase, yaitu fase 1 akan dimulai 7 Juli hingga 25 Juli 2019. Kemudian akan dilanjutkan pada fase 2 yaitu periode kepulangan 17 Agustus hingga 4 September 2019.

DPPU SMB II ini akan melayani pesawat haji berjenis Boeing 747 dengan kapasitas sekitar 450 seat penumpang yang akan terbang langsung ke Madinah atau Jeddah. Berdasarkan data dari Kementerian Agama jumlah jamaah haji yang akan terbang melalui embarkasi SMB II ini sekitar 8.199 jamaah.

Pada hari ini, Primarini bersama Executive General Manager (EGM) Angkasa Pura II – Fahroji dan GM Gapura Angkasa, Edwin berkesempatan menyaksikan proses refuelling avtur ke pesawat Saudi Arabia Boeing 747 yang akan menerbangkan 450 jemaah haji. (SW)