Peserta Lomba Perahu Naga Nyaris Ricuh

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Ribuan masyarakat menyaksikan lomba perahu naga yang diselengarakan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) di perairan Sungai Ogan tepatnya di kawasan Jembatan Ogan I serta Jembatan Ogan III, Senin (31/12).

Namun, lomba tersebut diwarnai aksi protes dari salah satu tim yang ikut andil dalam perlombaan itu. Tim Dinas Pendidikan OKU diketahui memprotes keras keputusan juri dan panitian yang dinilai berpihak ke salah satu tim.

Hal itu terjadi saat dua tim yang nyaris finis bersamaan yakni tim Dinas Pendidikan serta tim Bank Sumsel Babel Baturaja. Dimana kemenangan tim Dinas Pendidikan dianulir saat tim Bank Sumsel Babel melakukan protes. Bahkan salah satu perwakilan tim Dinas Pendidikan mengamuk di ruang panitia perlombaan.

Menurut Usman tim perwakilan Dinas Pendidikan, timnya merasa sangat dicurangi dengan keputusan ini,  sebab sejak awal diakui timnya yang juara saat babak awal lomba. Namun tiba-tiba setelah mendekati perlombaan berikutnya tim dari Bank Sumsel Babel yang dimenangkan.

“Bukan sudah mendekati final disebutkan ini yang menang. Bukan masalah menang. Tapi kita lihat kesiapan pantia itu sendiri yang mengkondisikan. Masalah menang dan kalah itu biasa tapi teknis kesiapan panitia itu sendiri, dipertanyakan,” ucap Usman yang mengaku sangat kecewa dengan hasil itu.

Usman sendiri mengamuk dihadapan Kepala Kepala Dispora. Diketahui perlombaan Perahu Naga ini diikuti sebanyak 27 tim terdiri dari Dinas, BUMN, BUMD, TNI/Polri dan Kecamatan dimana dalam satu tim terdiri dua belas orang.

Kepala Dispora OKU Topan, mengemukakan perlombaan ini merupakan program kerja Lemkab OKU setiap tahunnya. Dengan tujuan untuk menggalakan dan menggairahkan olahraga masyarakat di OKU,serta meningkatkan animo masyarakat terhadap perahu naga dan meningkatkan keakraban antar sesama masyarakat maupun instansi di OKU. (ags)