PLN UP3 OI Supply Kelistrikan Pabrik Pakan Ikan

0
Manager UP3 OI Sanggam Robaga Parsaoran Sinaga saat mendampingi Direktur Jendral (Dirjen) Perikanan Budidaya Dr TB Haeru Rahayu, A.Pi., M.Sc., dan rombongan ke lokasi pabrik pakan ikan beberapa waktu lalu. Foto: M Gani

INDRALAYA – PLN UP3 Ogan Ilir siap mendukung kebutuhan kelistrikan Electrifying Agriculture seperti pabrik pakan ikan dengan daya 415 kVA yang dibangun di Desa Sukosari Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur (OKUT) Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal ini diungkapkan Manager UP3 OI Sanggam Robaga Parsaoran Sinaga saat mendampingi Direktur Jendral (Dirjen) Perikanan Budidaya Dr TB Haeru Rahayu, A.Pi., M.Sc., dan rombongan ke lokasi pabrik pakan ikan beberapa waktu lalu.

Sanggam mengatakan, pihaknya sangat mendukung pembangunan pabrik pakan ikan yang rencananya akan diresmikan pada awal September 2022 nanti. “PLN sangat siap mendukung kebutuhan kelistrikan pabrik pakan ikan. Saat ini kita sudah mensupply Daya 415 kVA untuk pabrik tersebut,” jelasnya.

Katanya, pihak PLN bersama Bupati OKUT berencana untuk melakukan dediselisasi pembuatan pakan ikan mandiri yang lebih kurang ada 700 peternak, dimana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKUT akan menyiapkan konversi dari mesin yang berbahan bakar diesel menjadi listrik dan PLN akan menyiapkan  program Elctrifying Agriculture  yaitu LIStrik masuk KOlaM (LISKOM).

Dirjen Perikanan Budidaya Dr TB Haeru Rahayu, A.Pi., M.Sc., menyampaikan, bahwa kunjungannya ke pabrik pakan ikan di OKUT ini guna memastikan penyelesaian pembangunan pabrik pakan Ikan yang rencananya akan diresmikan oleh Menteri Perikanan dan Kelautan pada awal bulan September 2022.

“Dengan adanya pabrik pakan ikan di OKUT ini dapat meningkatkan kualitasi hasil budidaya ikan patin sehingga dapat dijual ke pasar internasional,” ucapnya.

Disamping itu, Dirjen juga mengucapkan terima kasih kepada PLN UP3 OI karena sudah gerak cepat menyiapkan supply listrik hanya dalam waktu 4 (empat) hari.

Sementara itu, Bupati OKUT H Lanosin Hamzah, ST., mengucapkan terima kasih kepada kementrian kelautan dan perikanan Dirjen Perikanan Budidaya karena telah membangun pabrik pakan ikan di Kabupaten OKUT.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada PLN UP3 OI, karena dengan sangat luar biasa cepat melakukan penyambungan listrik  di pabrik pakan ikan.

“Mudah-mudahan dengan adanya pabrik pakan ikan ini kualitas hasil panen budidaya ikan patin akan meningkat dan semoga sinergi ini tetap terjaga dengan baik, selalu menjalin komunikasi dan koordinasi sehingga pembangunan pabrik pakan ikan selesai sesuai dengan yang dijadwalkan,” jelas Bupati. (gan)