Plt Bupati Dampingi Gubernur Sumsel Tinjau Lokasi Banjir

0

MUARA ENIM – Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru bersama Plt Bupati Muara Enim, H Juarsah SH, Sabtu siang (31/10) meninjau lokasi bencana banjir yang menerjang 5 unit rumah dan merendam beberapa unit rumah lainnya dari 105 kepala keluarga (KK) di Desa Ujan Mas Baru dan Desa Ulak Bandung, Kecamatan Ujan Mas.

Dalam kunjungan ini Gubernur memberikan beberapa bantuan sosial kepada warga dan sekaligus mengecek penyebab utama terjadinya banjir yang diduga disebabkan tidak berfungsinya sistem drainase saluran air.

Begitupun Plt. Bupati memastikan para warga terdampak akan didampingi dan dibantu oleh Pemkab Muara Enim melalui Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Plt. Bupati menjelaskan bahwa ketika tengah malam mendapatkan laporan banjir, dirinya langsung menginstruksikan tim gabungan dari BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinsos dengan membawa 3 unit perahu karet untuk mengevakuasi ibu hamil, anak-anak, orang tua dan orang sakit.

Lebih lanjut dirinya menerangkan bahwa setelah dilakukan pengecekan dari tim, maka didapatkan gorong-gorong yang melintas dibawah jalan nasional tidak mampu mengalirkan debit air hujan yang cukup tinggi.

Untuk itu dalam waktu dekat dirinya telah menginstrusikan dinas/badan tekait utk menormalisasi dan memperbesar kapasitas gorong-gorong, termasuk di beberapa daerah rawan banjir lainnya. Saat ini juga telah diberikan bantuan sembako dan didirikan dapur umum bagi warga.

Menyikapi hal tersebut, Gubernur Sumsel akan turut membantu dengan mengganti sistem drainase dengan gorong-gorong beton berukuran besar (box culvert) melalui pendanaan APBD Provinsi Sumatera Selatan yang akan dikerjakan pada 2021 mendatang.

Gubernur juga akan memberikan bantuan berupa sandang, pangan, perabotan rumah tangga, perlengkapan sekolah dan kebutuhan lainnya. Dirinya juga menghimbau warga untuk lebih peduli terhadap lingkungan, terutama dalam musim penghujan agar lebih meningkatkan kewaspadaan mengantisipasi banjir. (ril)